PRADITA, NIKEN AJENG (2025) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN LITERASI LINGKUNGAN (Studi eksperimen di kelas X SMAN 1 Cihaurbeuti pada Materi ekosistem Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (135kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (330kB)
3. LEMBAR PERTAHANAN.pdf
Download (247kB)
4. LEMBAR KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (313kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (188kB)
6. ABSTRACT.pdf
Download (185kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (133kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (139kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (217kB)
10 DAFTAR TABEL.pdf
Download (139kB)
11. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (139kB)
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (98kB)
13. BAB 1.pdf
Download (260kB)
14. BAB 2.pdf
Download (468kB)
15. BAB 3.pdf
Download (1MB)
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (868kB)
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (180kB)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (219kB)
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
20. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
Abstract
Literasi sains dan literasi lingkungan menjadi kemampuan yang perlu dikuasai di abad 21, namun pada kenyataannya kedua hal tersebut belum dikembangkan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan literasi sains dan literasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi sains dan literasi lingkungan di kelas X SMAN 1 Cihaurbeuti pada materi ekosistem tahun ajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 1 Cihaurbeuti sebanyak 288. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas X-2 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan majemuk, soal kemampuuan literasi sains sebanyak 25 butir dan 19 butir soal untuk literasi lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANCOVA dengan taraf signifikansi α= 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi kemampuan literasi sains dan literasi lingkungan sebesar 0,010 dan 0,009 artinya < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh problem based learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi sains dan literasi lingkungan peserta didik. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan model problem based learning berbasis pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan kemampuan literasi sains dan literasi sains peserta didik.
Kata kunci: Problem Based Learning; pembelajaran berdiferensiasi; literasi sains; literasi lingkungan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:13 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:13 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2108 |
