NADIYANTI, RANI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Kuasi Eksperimen Kepada Siswa Kelas XI IPS SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (2MB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (2MB)
3 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (2MB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (2MB)
5 ABSTRAK.pdf
Download (2MB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (2MB)
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (2MB)
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (91kB)
9 BAB 1.pdf
Download (2MB)
10 BAB 2.pdf
Download (2MB)
11 BAB 3.pdf
Download (2MB)
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ekonomi. Tujuannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif
tipe Teams Games Tournament berbantuan media Teka-Teki Silang. Metode yang
digunakan yaitu kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control grup design,
serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk soal pilihan ganda. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Tasikmalaya tahun ajaran
2022/2023 yang berjumlah 199 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS
1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas
kontrol berjumlah 35 siswa, yang dipilih menggunakan teknik nonprobability
sampling jenis purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)
terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata
pretest sebesar 41,67 meningkat menjadi 88,25 pada posttest. 2) terdapat perbedaan
hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest sebesar 40,54
meningkat menjadi 78,26 pada posttest. 3) terdapat perbedaan peningkatan hasil
belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig. (2-Tailed)
sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Kooperatif
tipe TGT berbantuan media Teka-Teki Silang memilliki tingkat efektivitas yang
tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Kata Kunci: Kooperatif, Teams Games Tournament, Teka-Teki Silang, Hasil
Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:34 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:34 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/210 |
