Sidiq, Muhamad Baihaki (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VIII MTs Bahrul Ulum Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajar 2024-2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (206kB)
2. pengesahan.pdf
Download (97kB)
3. pernyataan.pdf
Download (88kB)
4. abstrak.pdf
Download (256kB)
5. kata pengantar.pdf
Download (227kB)
6.daftar isi.pdf
Download (182kB)
7. bab i.pdf
Download (293kB)
8. bab ii.pdf
Download (323kB)
9. bab iii.pdf
Download (291kB)
10. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (539kB)
11. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
12. daftar pustaka.pdf
Download (226kB)
13. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (170kB)
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam penelitian tindakan kelas dijelaskan bahwa kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang penting. Namun, pada observasi awal, banyak peserta didik kelas VIII MTs Bahrul Ulum Tahun Ajaran 2024/2025 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Permasalahan ini mendorong peneliti untuk menerapkan model pembelajaran snowball throwing guna meningkatkan kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Bahrul Ulum. Hasil pengelolaan data menunjukkan peningkatan signifikan. Pada siklus kesatu, hanya 8 orang (25,80%) peserta didik yang mampu mencapai KKM dalam mengidentifikasi unsur-unsur, dan 8 orang (25,80%) yang mampu menyimpulkan isi teks eksposisi. Namun, pada siklus kedua, terjadi peningkatan drastis, di mana 31 orang (100%) peserta didik mampu mencapai KKM dalam kedua aspek tersebut. Selain itu, hasil uji normalitas menunjukkan data nilai mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi pada siklus kesatu dan kedua tidak berdistribusi normal, sehingga dilanjutkan dengan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon (W hitung (0) < W tabel (0,01)) menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Ini berarti model pembelajaran snowball throwing efektif dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII MTs Bahrul Ulum Tahun Ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:25 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:25 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1816 |
