EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGULAS KARYA FIKSI CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Sajidah, Dinar Rahmatina (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGULAS KARYA FIKSI CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 8. BAB II.pdf] Text
8. BAB II.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 9. BAB III.pdf] Text
9. BAB III.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 10. BAB IV.pdf] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[thumbnail of 11. BAB V.pdf] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 13. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan mengulas karya fiksi, khususnya cerpen, merupakan bagian penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP karena melibatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman terhadap struktur teks, serta kemampuan menyampaikan pendapat secara logis. Namun, pembelajaran yang kurang bervariasi sering menyebabkan rendahnya partisipasi dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, penulis mencoba menggunakan model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran mengulas karya fiksi cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan peserta didik dalam mengulas karya fiksi cerpen di kelas VIII SMPN 16 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain pretest-posttest control group. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H sebagai kelas kontrol dan VIII I sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 50,54 dan meningkat menjadi 84,11 pada posttest, dengan selisih sebesar 33,57. Sementara itu, rata-rata nilai pretest di kelas kontrol adalah 50,00 dan meningkat menjadi 74,29 pada posttest, dengan selisih sebesar 24,29. Hasil uji Wilcoxon dan Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Selain itu, hasil perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 0,7 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 0,5 (kategori sedang). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw efektif dalam pembelajaran mengulas karya fiksi cerpen pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 01 Dec 2025 02:50
Last Modified: 01 Dec 2025 02:50
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item
View Item