Sari, Annida Yasti (2025) ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN YANG DIMUAT DALAM SURAT KABAR SOLOPOS EDISI JUNI-AGUSTUS 2024 DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SMP KELAS VIII. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (245kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (309kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (297kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (210kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (243kB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (309kB)
7 BAB 1.pdf
Download (245kB)
8 BAB 2.pdf
Download (404kB)
9 BAB 3.pdf
Download (579kB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (190kB)
13 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (129kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan bahan ajar sastra yang lebih variatif dan kontekstual, khususnya dalam pembelajaran cerpen di SMP. Selama ini, bahan ajar yang digunakan, seperti buku paket, masih terbatas dan belum sepenuhnya mencerminkan kehidupan siswa. Cerpen dari surat kabar merupakan salah satu sumber yang potensial dikembangkan karena menggunakan bahasa yang komunikatif serta mengangkat tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini diyakini mampu meningkatkan minat baca dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran sastra.Sejalan dengan Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka untuk kelas VIII, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelengkapan unsur intrinsik dalam cerpen yang dimuat di surat kabar Solopos edisi Juni–Agustus 2024, serta menilai kelayakannya sebagai bahan ajar alternatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, wawancara, angket, dan tes. Data yang dianalisis berupa empat cerpen yang dipilih secara purposive.Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh cerpen memiliki unsur intrinsik yang lengkap, mencakup tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Cerpen-cerpen tersebut juga memuat nilai kehidupan yang sesuai dengan dunia remaja. Uji validasi terhadap bahan ajar modul oleh empat validator memperoleh skor 97 100% (kategori sangat valid). Dengan demikian, modul hasil penelitian ini layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar cerpen untuk kelas VIII SMP.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 02:38 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 02:38 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1779 |
