Hidayat, Sohibul (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS (STUDI PADA SISWA KELAS XI SMKN 2 KOTA TASIKMALAYA). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (320kB)
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf
Download (277kB)
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (354kB)
4. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf
Download (443kB)
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (350kB)
6. HALAMAN PERNYATAAN.pdf
Download (312kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (348kB)
8. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (231kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (349kB)
10. BAB I.pdf
Download (361kB)
11. BAB II.pdf
Download (430kB)
12. BAB III.pdf
Download (559kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (761kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
15. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (227kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (348kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Prevalensi HIV/AIDS di dunia tahun 2023 menunjukan sebanyak 39 juta jiwa, 32 juta HIV/AIDS dan 31,8 juta jiwa umur 15-49 tahun terinfeksi HIV. Faktor yang mempengaruhi seseorang terkena HIV/AIDS adalah tingkat pengetahuan seseorang mengenai penyakit HIV/AIDS. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh media video audio visual terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS pada siswa kelas XI SMKN 2 Kota Tasikmalaya. Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen. Popilasiini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 2 Kota Tasikmalaya, Sampel diambil sebanyak 138 siswa dari 812 siswa
kelas XI SMKN 2 Kota Tasikmalaya tahun 2024 yang dipilih secara stratified proportionate random sampling. Jenis penelitian adalah pre-experiment design dengan rancangan one-group pre test- post test design terdiri dari 10 soal
pengetahuan dan 10 soal sikap. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji univariat menunjukan rata-rata (mean) variabel pengetahuan sebelum di berikan intervensi sebesar 2,69 dan sesudah di diberikan intervensi sebesar 5,83.
Variabel sikap menunjukan rata-rata (mean) sebelum di berikan intervensi 65,49 dan sesudah sebesar 72,50. Hasil uji bivariat menunjukan setelah di berikan
intervensi pada pengetahuan sebelum dan sesudah p-value=0,000 (p<0,05). Setelah menampilkan media audio visual sikap sebelum dan sesudah pvalue=0,000 (p<0,05). Kesimpulan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media video audio visual terhadap pengetahuan dan sikap
siswa tentang HIV/AIDS. Diharapkan agar sekolah menggunakan media video audio visual sebagai salah satu bentuk media pembelajaran kepada siswa agar lebih menarik minat siswa dalam proses belajar serta materi dapat ditonton
berulang kalisehingga siswa lebih memahami dan lebih fokus dalam mencerna materi yang disampaikan.
Kata Kunci: HIV/AIDS, Sikap, Media, Audio, Visual, Pengetahuan Keputakaan: 2011-2024
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:22 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 02:22 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/141 |
