FRATAMA, ADITIA NUGRAHA (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA MANIK MANIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 Cover.pdf
Download (189kB)
2 Lembar Pengesahan.pdf
Download (5MB)
3 Lembar Penguji.pdf
Download (3MB)
4 Lembar Pernyataan.pdf
Download (5MB)
5 Abstrak.pdf
Download (293kB)
6 Abstrak.pdf
Download (380kB)
7 Kata Pengantar.pdf
Download (396kB)
8 Ucapan TerimaKasih.pdf
Download (177kB)
9 Daftar Isi.pdf
Download (220kB)
10 Daftar Tabel.pdf
Download (195kB)
11 Daftar Gambar.pdf
Download (174kB)
12 Daftar Lampiran.pdf
Download (176kB)
13 Bab 1.pdf
Download (327kB)
14 Bab 2.pdf
Download (483kB)
15 Bab 3.pdf
Download (803kB)
16 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (875kB)
17 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
18 Daftar Pustaka.pdf
Download (450kB)
19 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan latar belakang dari rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi serta rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament berbantuan manik-manik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 2 Tasikmalaya yang mengampu mata pelajaran ekonomi sebanyak 253 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 69 orang yang terbagi kedalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen XI-C.2 dan kelas kontrol XI-D.1 dengan pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda dengan berbantuan alat analisis SPSS versi 23 dan teknik analisis yang digunakan yaitu uji non parametrik. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media media manik-manik pada mata pelajaran ekonomi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Teams Games Tournament, Manik-Manik dan Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:51 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:51 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1297 |
