POLITICAL MARKETING YANI SUBEKTI PERMANA DALAM MEMPEROLEH SUARA PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2024 DI KOTA BANJAR

AZIZAH, BINTANG NUR (2025) POLITICAL MARKETING YANI SUBEKTI PERMANA DALAM MEMPEROLEH SUARA PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2024 DI KOTA BANJAR. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR .pdf] Text
KATA PENGANTAR .pdf

Download (159kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI .pdf] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (211kB)
[thumbnail of DAFTAR TABEL .pdf] Text
DAFTAR TABEL .pdf

Download (108kB)
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Political Marketing Yani Subekti Permana dalam
Memperoleh Suara pada pemilu legislatif tahun 2024 di Kota Banjar”. Yani
Subekti Permana merupakan sosok kandidat baru dalam pemilihan legislatif 2024
yang diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang terdaftar di daerah
pemilihan I Kota Banjar dengan suara perolehan paling rendah se priangan timur
dengan hanya memperoleh 420 suara dan mampu mengalahkan kandidat lain
dengan suara jauh lebih tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana marketing politik
yang dilakukan oleh Yani Subekti Permana menggunakan teori marketing politik
dengan pendekatan Segmentasi, Targeting, positioning dan dipadukan dengan mix
teori dan 3P yaitu Push marketing, Pull marketing, Pass marketing. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif.
Data diambil dari wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data di uji
mengguanakan trianggulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, keberhasilan Ir. Yani Subekti Permana dalam
memperoleh kursi legislatif lebih ditentukan oleh mekanisme kolektif Partai
Persatuan Pembangunan (PPP), bukan strategi personalnya. PPP menerapkan
prinsip collective action theory dengan mengakumulasi suara seluruh caleg dan
memberikan kompensasi suara. Dalam konteks lokal seperti Kota Banjar yang
berkarakter religius dan memiliki struktur partai yang kuat, keberhasilan politik
lebih dipengaruhi oleh sinergi internal partai daripada strategi pemasaran individu.
penelitian ini menunjukkan bahwa teori political marketing berbasis STP dan
strategi push-pass-pull perlu disesuaikan dengan kondisi sosial dan budaya lokal.
Penelitian ini memperkaya kajian ilmu politik dengan menunjukkan keterbatasan
penerapan teori pemasaran modern dalam sistem pemilu proporsional terbuka yang
masih dipengaruhi oleh kekuatan partai dan tokoh lokal.
Kata Kunci: Marketing Politik, Pemilihan Umum Legislatif, kandidat PPP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 17 Nov 2025 03:27
Last Modified: 17 Nov 2025 03:27
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item
View Item