AZIZAH, BINTANG NUR (2025) POLITICAL MARKETING YANI SUBEKTI PERMANA DALAM MEMPEROLEH SUARA PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2024 DI KOTA BANJAR. Other thesis, Universitas Siliwangi.
COVER.pdf
Download (158kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (481kB)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (626kB)
ABSTRACT.pdf
Download (147kB)
ABSTRAK.pdf
Download (171kB)
KATA PENGANTAR .pdf
Download (159kB)
DAFTAR ISI .pdf
Download (211kB)
DAFTAR TABEL .pdf
Download (108kB)
DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (101kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (93kB)
BAB 1.pdf
Download (263kB)
BAB 2.pdf
Download (255kB)
BAB 3.pdf
Download (264kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (367kB)
DAPUS.pdf
Download (581kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Political Marketing Yani Subekti Permana dalam
Memperoleh Suara pada pemilu legislatif tahun 2024 di Kota Banjar”. Yani
Subekti Permana merupakan sosok kandidat baru dalam pemilihan legislatif 2024
yang diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang terdaftar di daerah
pemilihan I Kota Banjar dengan suara perolehan paling rendah se priangan timur
dengan hanya memperoleh 420 suara dan mampu mengalahkan kandidat lain
dengan suara jauh lebih tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana marketing politik
yang dilakukan oleh Yani Subekti Permana menggunakan teori marketing politik
dengan pendekatan Segmentasi, Targeting, positioning dan dipadukan dengan mix
teori dan 3P yaitu Push marketing, Pull marketing, Pass marketing. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif.
Data diambil dari wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data di uji
mengguanakan trianggulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, keberhasilan Ir. Yani Subekti Permana dalam
memperoleh kursi legislatif lebih ditentukan oleh mekanisme kolektif Partai
Persatuan Pembangunan (PPP), bukan strategi personalnya. PPP menerapkan
prinsip collective action theory dengan mengakumulasi suara seluruh caleg dan
memberikan kompensasi suara. Dalam konteks lokal seperti Kota Banjar yang
berkarakter religius dan memiliki struktur partai yang kuat, keberhasilan politik
lebih dipengaruhi oleh sinergi internal partai daripada strategi pemasaran individu.
penelitian ini menunjukkan bahwa teori political marketing berbasis STP dan
strategi push-pass-pull perlu disesuaikan dengan kondisi sosial dan budaya lokal.
Penelitian ini memperkaya kajian ilmu politik dengan menunjukkan keterbatasan
penerapan teori pemasaran modern dalam sistem pemilu proporsional terbuka yang
masih dipengaruhi oleh kekuatan partai dan tokoh lokal.
Kata Kunci: Marketing Politik, Pemilihan Umum Legislatif, kandidat PPP
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 03:27 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 03:27 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1284 |
