PENGEMBANGAN MEDIA PLAY MATHEMATICS WITH TECHNOLOGY BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLORASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR

SADIAH, RIFA MAULIA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PLAY MATHEMATICS WITH TECHNOLOGY BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLORASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4. ABTRAK.pdf] Text
4. ABTRAK.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf] Text
14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media play mathemaktics berbantuan Articulate Storyline 3 untuk mengeksplorasi pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bentuk aljabar. Pengembangan dilakukan dengan metode ADDIE meliputi Analysis and Assessment, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan wawancara, observasi, penilaian angket, dan soal tes pemahaman konsep matematis. Instrumen yang digunakan meliputi kisi-kisi wawancara, angket penilaian kelayakan media pembelajaran, angket respon peserta didik, dan soal tes pemahaman konsep matematis. Adapun sumber data penelitian berasal dari tiga orang ahli media untuk menilai dari aspek kualitas teknis, tiga orang ahli materi untuk menilai dari aspek kualitas isi dan tujuan, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran yang dapat diakses secara luring (offline) ataupun daring (online) dari smartphone Android/IOS dengan nama produk aplikasi EXPLEarn. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai berdasarkan hasil validasi dari ahli media dengan persentase 92% dan ahli materi dengan persentase 90,9% yang menyatakan sangat layak serta peserta didik yang memberikan respon sangat baik terhadap penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu penerapan model ADDIE dalam pengembangan media play mathematics with tehnology berbantuan Articulate Storyline 3 mampu menghasilkan media pembelajaran yang layak dan praktis untuk mengeksplorasi pemahaman konsep matematis peserta didik.

Kata kunci: Articulate Storyline 3, Bentuk Aljabar, Pemahaman Konsep Matematis, Pengembangan Media Play Mathematics.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:27
Last Modified: 17 Nov 2025 02:27
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item
View Item