SADIAH, RIFA MAULIA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PLAY MATHEMATICS WITH TECHNOLOGY BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLORASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (235kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (554kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (214kB)
4. ABTRAK.pdf
Download (223kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (244kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (273kB)
7. BAB 1.pdf
Download (302kB)
8. BAB 2.pdf
Download (626kB)
9. BAB 3.pdf
Download (492kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (208kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
14. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (131kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media play mathemaktics berbantuan Articulate Storyline 3 untuk mengeksplorasi pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bentuk aljabar. Pengembangan dilakukan dengan metode ADDIE meliputi Analysis and Assessment, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan wawancara, observasi, penilaian angket, dan soal tes pemahaman konsep matematis. Instrumen yang digunakan meliputi kisi-kisi wawancara, angket penilaian kelayakan media pembelajaran, angket respon peserta didik, dan soal tes pemahaman konsep matematis. Adapun sumber data penelitian berasal dari tiga orang ahli media untuk menilai dari aspek kualitas teknis, tiga orang ahli materi untuk menilai dari aspek kualitas isi dan tujuan, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran yang dapat diakses secara luring (offline) ataupun daring (online) dari smartphone Android/IOS dengan nama produk aplikasi EXPLEarn. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai berdasarkan hasil validasi dari ahli media dengan persentase 92% dan ahli materi dengan persentase 90,9% yang menyatakan sangat layak serta peserta didik yang memberikan respon sangat baik terhadap penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu penerapan model ADDIE dalam pengembangan media play mathematics with tehnology berbantuan Articulate Storyline 3 mampu menghasilkan media pembelajaran yang layak dan praktis untuk mengeksplorasi pemahaman konsep matematis peserta didik.
Kata kunci: Articulate Storyline 3, Bentuk Aljabar, Pemahaman Konsep Matematis, Pengembangan Media Play Mathematics.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 02:27 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 02:27 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1276 |
