PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ISPRING SUITE 11 UNTUK MELATIH KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SMP PADA MATERI OPERASI BILANGAN

ALFARIZI, MUHAMMAD IRGI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ISPRING SUITE 11 UNTUK MELATIH KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SMP PADA MATERI OPERASI BILANGAN. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1.COVER.pdf] Text
1.COVER.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran berbantuan ISpring Suite 11 pada materi operasi bilangan untuk melatih kemampuan representasi matematis siswa SMP. Metode penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,penyebaran kuisioner serta tes kemampuan representasi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kisi-kisi wawancara, kusioner untuk penilaian kelayakan dan respon peserta didik serta soal tes kemampuan untuk penilaian keefektifan pengunaan media pemelajaran. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah dua ahli isi pembelajaran, dua ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran serta peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tasikmalaya untuk mengetahui respon peserta didik serta keefektifan penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran yang dapat digunakan pada smartphone android dengan nama Magic Math. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai berdasarkan desain dan tampilan. Media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil angket yang diberikan, dengan persentase penilaian dari ahli materi pembelajaran sebesar 93%, ahli desain pembelajaran sebesar 98%, dan ahli media pembelajaran sebesar 90%. Selain itu, peserta didik juga memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan media pembelajaran ini, dengan hasil angket sebesar 88%.

Kata kunci: ISpring Suite 11, Kemampuan Representasi Matematis, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo, Operasi Bilangan, Pengembangan Media Pembelajarans.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:30
Last Modified: 14 Nov 2025 07:30
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item
View Item