Desain Pembelajaran Garis Dan Sudut Melalui Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Dan Berorientasi Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

SARI, RATNA (2025) Desain Pembelajaran Garis Dan Sudut Melalui Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Dan Berorientasi Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 7. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf] Text
7. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR ISI.pdf] Text
14. DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of 16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan desain pembelajaran topik garis dan sudut melalui pendekatan Problem-Based Learning berbantuan GeoGebra, yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Metode yang digunakan adalah design research yang terdiri atas tiga tahapan, yaitu preliminary design, design experiment, dan retrospective analysis. Tahap design experiment dilaksanakan pada dua kelas, yakni kelas VII A (31 peserta didik) sebagai pilot experiment dan kelas VII C (33 peserta didik) sebagai teaching experiment. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, perekaman aktivitas pembelajaran, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa learning trajectory pada topik pertama, yaitu jenis-jenis sudut dan hubungan antar sudut yang terbentuk oleh dua garis berpotongan menggunakan konteks bianglala, meliputi: (1) Memahami cara merancang bianglala, (2) Menggambar posisi kabin bianglala dengan besar sudut yang sama, (3) Menentukan ukuran kabin pada posisi tertentu, dan (4) Memahami jenis-jenis sudut yang terbentuk. Sedangkan learning trajectory pada topik kedua yaitu hubungan antar sudut yang dibentuk oleh garis sejajar dan dipotong oleh garis transversal meliputi: 1) Menganalisis persimpangan kereta jika dibuat lurus, 2) menggambar dua sketsa jalur rel kereta api (persimpangan menyerong dan persimpangan lurus), 3) Menganalisis ukuran sudut yang terbentuk dari jalur rel kereta api dengan persimpangan yang menyerong, 4) Menemukan konsep tentang hubungan antar sudut. GeoGebra memberikan kontribusi dalam memfasilitasi visualisasi dan eksplorasi konsep sudut secara lebih interaktif. Capaian pemecahan masalah matematis peserta didik sebesar 79,78%.

Kata kunci: design research, problem based learning, geogebra, learning trajectory, pemecahan masalah matematis, garis dan sudut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 14 Nov 2025 07:10
Last Modified: 14 Nov 2025 07:10
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item
View Item