RAHAYU, EGA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KONSEPTUAL TEMPO. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (142kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (201kB)
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf
Download (259kB)
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Download (163kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (114kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (128kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (1MB)
8. BAB 1.pdf
Download (233kB)
9. BAB 2.pdf
Download (495kB)
10. BAB 3.pdf
Download (382kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (143kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (189kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
15. RIWAYAT DIRI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (127kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan teori APOS ditinjau dari gaya kognitif konseptual tempo yang terdiri dari 4 kategori, yaitu gaya kognitif reflektif, impulsif, cepat akurat, dan lambat tidak akurat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes gaya kognitif, soal tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah Matching Familiar Figure Test (MFFT) untuk mengetahui gaya kognitif konseptual tempo siswa dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis untuk mengukur penguasaan materi berdasarkan teori APOS. Pemilihan subjek pada penelitian ini berdasarkan pertimbangan, dengan siswa yang konsisten dalam pengkategorian gaya kognitif konseptual tempo dan memenuhi indikator kemampuan pemahaman konsep serta mampu menginformasikan kembali secara jelas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif mampu mencapai tahapan APOS, yaitu aksi, proses, objek, dan skema; siswa dengan gaya kognitif impulsif mampu mencapai tahapan APOS pada tahap aksi saja; siswa dengan gaya kognitif cepat akurat mampu mencapai tahapan APOS, yaitu aksi, proses, objek, dan skema; siswa dengan gaya kognitif lambat tidak akurat mampu mencapai tahapan APOS, pada tahap aksi saja.
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Teori APOS, Gaya Kognitif Konseptual Tempo
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:54 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:54 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1259 |
