ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KONSEPTUAL TEMPO

RAHAYU, EGA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KONSEPTUAL TEMPO. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT DIRI.pdf] Text
15. RIWAYAT DIRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan teori APOS ditinjau dari gaya kognitif konseptual tempo yang terdiri dari 4 kategori, yaitu gaya kognitif reflektif, impulsif, cepat akurat, dan lambat tidak akurat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes gaya kognitif, soal tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah Matching Familiar Figure Test (MFFT) untuk mengetahui gaya kognitif konseptual tempo siswa dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis untuk mengukur penguasaan materi berdasarkan teori APOS. Pemilihan subjek pada penelitian ini berdasarkan pertimbangan, dengan siswa yang konsisten dalam pengkategorian gaya kognitif konseptual tempo dan memenuhi indikator kemampuan pemahaman konsep serta mampu menginformasikan kembali secara jelas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif mampu mencapai tahapan APOS, yaitu aksi, proses, objek, dan skema; siswa dengan gaya kognitif impulsif mampu mencapai tahapan APOS pada tahap aksi saja; siswa dengan gaya kognitif cepat akurat mampu mencapai tahapan APOS, yaitu aksi, proses, objek, dan skema; siswa dengan gaya kognitif lambat tidak akurat mampu mencapai tahapan APOS, pada tahap aksi saja.

Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Teori APOS, Gaya Kognitif Konseptual Tempo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:54
Last Modified: 14 Nov 2025 06:54
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item
View Item