ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI PIRIE-KIEREN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

FITRIYANI, DHEVI LAELA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI PIRIE-KIEREN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 3. SURAT KETERANGAN.pdf] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik berdasarkan teori Pirie-Kieren dalam mengerjakan soal tes kemampuan pemahaman matematis masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pemberian tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri sebagai instrumet utama dan instrument bantuan yakni soal tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 peserta didik dari kelas VIII-I di SMP Negeri 3 Tasikmalaya. Subjek dipilih berdasarkan pertimbangan (purposive sampling) yaitu subjek yang memenuhi semua indikator berdasarkan teori Pirie-Kieren terlepas dari jawaban benar atau salah, serta dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: kemampuan pemahaman peserta didik S6 melakukan kesalahan pada indikator image having (kesalahan dalam perhitungan operasi perkalian, serta ketidaklengkapan prosedur penyelesaian) dan structuring (tidak melengkapi pembuktian untuk persamaan air). S10 melakukan kesalahan pada indikator image having (tidak menganalisis secara lengkap sisa kebutuhan), property noticing (salah menginterpretasikan konteks pertanyaan), formalizing (gagal merumuskan sistem persamaan, namun berhasil setelah diberikan stimulus), structuring (tidak melengkapi pembuktian persamaan air), observing (kekurangtelitian dalam menuliskan tanda). S18 melakukan kesalahan pada indikator image having (ketidaklengkapan prosedur penyelesaian), property noticing (salah menginterpretasikan maksud konteks soal).

Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Teori Pirie-Kieren, SPLDV

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:39
Last Modified: 13 Nov 2025 07:39
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item
View Item