FITRIYANI, DHEVI LAELA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI PIRIE-KIEREN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (45kB)
3. SURAT KETERANGAN.pdf
Download (99kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (48kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (7kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (74kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (80kB)
8. BAB 1.pdf
Download (143kB)
9. BAB 2.pdf
Download (227kB)
10. BAB 3.pdf
Download (100kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (997kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (133kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (74kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (72kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik berdasarkan teori Pirie-Kieren dalam mengerjakan soal tes kemampuan pemahaman matematis masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pemberian tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri sebagai instrumet utama dan instrument bantuan yakni soal tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 peserta didik dari kelas VIII-I di SMP Negeri 3 Tasikmalaya. Subjek dipilih berdasarkan pertimbangan (purposive sampling) yaitu subjek yang memenuhi semua indikator berdasarkan teori Pirie-Kieren terlepas dari jawaban benar atau salah, serta dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: kemampuan pemahaman peserta didik S6 melakukan kesalahan pada indikator image having (kesalahan dalam perhitungan operasi perkalian, serta ketidaklengkapan prosedur penyelesaian) dan structuring (tidak melengkapi pembuktian untuk persamaan air). S10 melakukan kesalahan pada indikator image having (tidak menganalisis secara lengkap sisa kebutuhan), property noticing (salah menginterpretasikan konteks pertanyaan), formalizing (gagal merumuskan sistem persamaan, namun berhasil setelah diberikan stimulus), structuring (tidak melengkapi pembuktian persamaan air), observing (kekurangtelitian dalam menuliskan tanda). S18 melakukan kesalahan pada indikator image having (ketidaklengkapan prosedur penyelesaian), property noticing (salah menginterpretasikan maksud konteks soal).
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Teori Pirie-Kieren, SPLDV
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:39 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:39 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1232 |
