INVESTIGATING EFL STUDENTS' PERCEPTIONS OF QUILLBOT PARAPHRASING TOOL IN ACADEMIC WRITING

ANGGRAENI, ANGGI (2025) INVESTIGATING EFL STUDENTS' PERCEPTIONS OF QUILLBOT PARAPHRASING TOOL IN ACADEMIC WRITING. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 3, LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3, LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 5. PERSONAL PAGE.pdf] Text
5. PERSONAL PAGE.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 7. PREFACE.pdf] Text
7. PREFACE.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 9. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER 1.pdf] Text
10. CHAPTER 1.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 2.pdf] Text
11. CHAPTER 2.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 3.pdf] Text
12. CHAPTER 3.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 4.pdf] Text
13. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[thumbnail of 14. CHAPTER 5.pdf] Text
14. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of 15. REFERENCES.pdf] Text
15. REFERENCES.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 16. ENCLOSURES.pdf] Text
16. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 17. CURRICULUM VITAE.pdf] Text
17. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk menyelidiki persepsi mahasiswa EFL tentang QuillBot dalam penulisan akademis. Berfokus pada tiga mahasiswa, penelitian ini berusaha mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalaman dan persepsi dari tiga mahasiswa EFL di salah satu perguruan tinggi negeri. Data dikumpulkan dari hasil wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik, untuk mengungkapkan persepsi mahasiswa EFL tentang QuillBot dalam penulisan akademis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa EFL memandang QuillBot secara positif, terutama dalam hal mempercepat proses parafrase, mengurangi risiko plagiarisme, serta meningkatkan variasi kalimat dalam tulisan akademis mereka. Fitur-fitur seperti mode parafrase dan pemeriksaan tata bahasa dianggap dapat meningkatkan kualitas penulisan. Namun, beberapa tantangan juga dihadapi, seperti keterbatasan versi gratis, ketidakakuratan hasil parafrase yang terkadang terjadi, dan potensi ketergantungan berlebihan pada alat ini. Meskipun QuillBot memberikan manfaat dalam penulisan akademis, penggunaan alat ini perlu diimbangi dengan pengembangan keterampilan menulis mandiri dan pemahaman kritis terhadap hasil parafrase yang dihasilkan.

Kata kunci: Persepsi Mahasiswa, Parafrase, QuillBot, Penulisan Akademik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:00
Last Modified: 13 Nov 2025 03:00
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item
View Item