RAMDHANI, NADIYAH ANISAH (2024) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Studi Kuasi Eksperimen Kelas XI MIPA MAN 2 TASIKMALAYA Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (12kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (114kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (58kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (107kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (132kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (192kB)
7. BAB 1.pdf
Download (95kB)
8. BAB 2.pdf
Download (468kB)
9. BAB 3.pdf
Download (351kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (475kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (151kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (131kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan modul pembelajaran pada mata pelajaran teori kinetik gas terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA di MAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Studi pendahuluan di MAN 2 Tasikmalaya menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik masih rendah. Berdasarkan studi literasi,
model pembelajaran yang sesuai dapat membantu mengefektifkan pembentukan pemahaman konsep peserta didik, misalnya seperti model Learning Cycle 7E karena model ini memiliki sintaks yang berfokus pada pembentukan pemahaman konsep peserta didik. Pengaruh model Learning Cycle 7E dapat dimaksimalkan
menggunakan bantuan modul pembelajaran karena hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika menunjukkan adanya kebutuhan terhadap bahan ajar materi
teori kinetik gas. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequevalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu
seluruh peserta didik kelas XI MIPA di MAN 2 Tasikmalaya sebanyak 8 kelas, sedangkan sampel penelitian berjumlah 2 kelas terdiri dari kelas kontrol dan kelas
eksperimen yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling melalui uji homogenitas. Pengukuran pemahaman konsep peserta didik dilakukan dengan tes three tiers diagnostic berjumlah 16 soal yang disesuaikan dengan indikator taksonomi Marzano. Hasil penelitian menggunakan uji t diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 6,83 > 1,67 menunjukkan adanya pengaruh model Learning Cycle 7E
berbantuan modul pembelajaran terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi teori kinetik gas dengan hasil analisis N-gain sebesar 0,71 dalam kategori tinggi.
Kata kunci: model Learning Cycle 7E, modul pembelajaran, pemahaman konsep.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 06:58 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 06:58 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/120 |
