PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Studi Kuasi Eksperimen Kelas XI MIPA MAN 2 TASIKMALAYA Tahun Ajaran 2023/2024)

RAMDHANI, NADIYAH ANISAH (2024) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Studi Kuasi Eksperimen Kelas XI MIPA MAN 2 TASIKMALAYA Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 14. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan modul pembelajaran pada mata pelajaran teori kinetik gas terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA di MAN 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Studi pendahuluan di MAN 2 Tasikmalaya menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik masih rendah. Berdasarkan studi literasi,
model pembelajaran yang sesuai dapat membantu mengefektifkan pembentukan pemahaman konsep peserta didik, misalnya seperti model Learning Cycle 7E karena model ini memiliki sintaks yang berfokus pada pembentukan pemahaman konsep peserta didik. Pengaruh model Learning Cycle 7E dapat dimaksimalkan
menggunakan bantuan modul pembelajaran karena hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika menunjukkan adanya kebutuhan terhadap bahan ajar materi
teori kinetik gas. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequevalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu
seluruh peserta didik kelas XI MIPA di MAN 2 Tasikmalaya sebanyak 8 kelas, sedangkan sampel penelitian berjumlah 2 kelas terdiri dari kelas kontrol dan kelas
eksperimen yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling melalui uji homogenitas. Pengukuran pemahaman konsep peserta didik dilakukan dengan tes three tiers diagnostic berjumlah 16 soal yang disesuaikan dengan indikator taksonomi Marzano. Hasil penelitian menggunakan uji t diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 6,83 > 1,67 menunjukkan adanya pengaruh model Learning Cycle 7E
berbantuan modul pembelajaran terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi teori kinetik gas dengan hasil analisis N-gain sebesar 0,71 dalam kategori tinggi.

Kata kunci: model Learning Cycle 7E, modul pembelajaran, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 24 Oct 2025 06:58
Last Modified: 24 Oct 2025 06:58
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item
View Item