SUSANTO, SHELVI (2025) LANGUAGE LEARNING STRATEGIES IMPLEMENTED IN LEARNING ENGLISH SPEAKING SKILL: EVIDENCE FROM TWO INDONESIAN EFL STUDENTS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (270kB)
02 Approval Sheet.pdf
Download (94kB)
03 Aprroval Sheet of the Examiners.pdf
Download (208kB)
04 Lembar Pernyataan.pdf
Download (194kB)
05 Abstrak.pdf
Download (126kB)
06 Abstract.pdf
Download (125kB)
07 Preface.pdf
Download (239kB)
08 Acknowledgments.pdf
Download (367kB)
09 Table of Contents.pdf
Download (566kB)
10 List of Table.pdf
Download (126kB)
11 List of Enclosures.pdf
Download (125kB)
12 Chapter 1.pdf
Download (385kB)
13 Chapter 2.pdf
Download (758kB)
14 Chapter 3.pdf
Download (1MB)
15 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
16 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11kB)
17 References.pdf
Download (787kB)
18 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris sangat penting bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, karena kelak akan menjadi alat utama dalam mengajar. Namun, banyak mahasiswa yang belum fasih berbicara dalam Bahasa Inggris. Maka dari itu, penelitian kualitatif ini bertujuan mengidentifikasi strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh dua mahasiswa Angkatan 2019 dengan kemampuan berbicara yang unggul di Universitas Siliwangi, serta pengaruhnya terhadap perkembangan kemampuan mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan wawancara semi terstruktur dan analisis tematik. Hasil menunjukkan bahwa kedua mahasiswa tersebut mengimplementasikan tiga strategi utama, yaitu Cognitive Strategies, Metacognitive Strategies, dan Socio-affective Strategies yang berkontribusi pada peningkatan kemampuan berbicara mereka dalam kelima aspek berbicara yaitu grammar, vocabulary, pronunciation, comprehension, dan fluency. Temuan ini diharapkan memberi wawasan bagi mahasiswa lain dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris.
Kata kunci: Kemampuan berbicara, Pendidikan tinggi, Strategi pembelajaran Bahasa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:15 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:15 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1184 |
