LANGUAGE LEARNING STRATEGIES IMPLEMENTED IN LEARNING ENGLISH SPEAKING SKILL: EVIDENCE FROM TWO INDONESIAN EFL STUDENTS

SUSANTO, SHELVI (2025) LANGUAGE LEARNING STRATEGIES IMPLEMENTED IN LEARNING ENGLISH SPEAKING SKILL: EVIDENCE FROM TWO INDONESIAN EFL STUDENTS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet.pdf] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 03 Aprroval Sheet of the Examiners.pdf] Text
03 Aprroval Sheet of the Examiners.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 04 Lembar Pernyataan.pdf] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 06 Abstract.pdf] Text
06 Abstract.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 07 Preface.pdf] Text
07 Preface.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 08 Acknowledgments.pdf] Text
08 Acknowledgments.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 09 Table of Contents.pdf] Text
09 Table of Contents.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 10 List of Table.pdf] Text
10 List of Table.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 11 List of Enclosures.pdf] Text
11 List of Enclosures.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 12 Chapter 1.pdf] Text
12 Chapter 1.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 13 Chapter 2.pdf] Text
13 Chapter 2.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of 14 Chapter 3.pdf] Text
14 Chapter 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15 Chapter 4.pdf] Text
15 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 16 Chapter 5.pdf] Text
16 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[thumbnail of 17 References.pdf] Text
17 References.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of 18 Enclosures.pdf] Text
18 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris sangat penting bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, karena kelak akan menjadi alat utama dalam mengajar. Namun, banyak mahasiswa yang belum fasih berbicara dalam Bahasa Inggris. Maka dari itu, penelitian kualitatif ini bertujuan mengidentifikasi strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh dua mahasiswa Angkatan 2019 dengan kemampuan berbicara yang unggul di Universitas Siliwangi, serta pengaruhnya terhadap perkembangan kemampuan mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan wawancara semi terstruktur dan analisis tematik. Hasil menunjukkan bahwa kedua mahasiswa tersebut mengimplementasikan tiga strategi utama, yaitu Cognitive Strategies, Metacognitive Strategies, dan Socio-affective Strategies yang berkontribusi pada peningkatan kemampuan berbicara mereka dalam kelima aspek berbicara yaitu grammar, vocabulary, pronunciation, comprehension, dan fluency. Temuan ini diharapkan memberi wawasan bagi mahasiswa lain dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris.

Kata kunci: Kemampuan berbicara, Pendidikan tinggi, Strategi pembelajaran Bahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:15
Last Modified: 13 Nov 2025 02:15
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item
View Item