PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Penelitian Terhadap Konsumen Cato Sport Ciamis)

Ramadhan, Gifa Akbar (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Penelitian Terhadap Konsumen Cato Sport Ciamis). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 4 ABSTRAK.pdf] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 5 KATA PENGANTAR.pdf] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 7 BAB 1.pdf] Text
7 BAB 1.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 8 BAB 2.pdf] Text
8 BAB 2.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 9 BAB 3.pdf] Text
9 BAB 3.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 10 BAB 4.pdf] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of 11 BAB 5.pdf] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 13 LAMPIRAN.pdf] Text
13 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada konsumen Cato Sport Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dan eksplanatori untuk menjelaskan hubungan antara variabel independen (kualitas produk) dan variabel dependen (kepuasan konsumen). Sampel penelitian terdiri dari 96 responden yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert 5 (Sangat Puas hingga Sangat Tidak Puas), sementara analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji korelasi melalui SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini terbukti dari hasil uji t (t-hitung = 5,951 > t-tabel = 2,365) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 40,5% menunjukkan bahwa 40,5% variasi kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa peningkatan kualitas produk secara signifikan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Aspek kualitas produk yang mempengaruhi meliputi keandalan, responsivitas, dan karakteristik produk seperti daya tahan dan keunikan. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, Cato Sport Ciamis disarankan untuk memperhatikan aspek keandalan layanan, mempercepat tanggapan terhadap keluhan, serta meningkatkan kualitas fisik produk. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk pengembangan strategi pemasaran dan pengelolaan produk yang lebih optimal.

Kata kunci: Kualitas produk, kepuasan konsumen, regresi linear, Cato Sport Ciamis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: dewi dewi dewi
Date Deposited: 13 Nov 2025 01:46
Last Modified: 13 Nov 2025 01:46
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item
View Item