MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik Kelas VII SMPN 2 Baregbeg Tahun Ajaran 2022/2023)

Syam, Tasya Yusmiati (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik Kelas VII SMPN 2 Baregbeg Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, GRAFIK, LAMPIRAN.pdf] Text
6. DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, GRAFIK, LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 8. BAB II.pdf] Text
8. BAB II.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 9. BAB III.pdf] Text
9. BAB III.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 10. BAB IV.pdf] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 11. BAB V.pdf] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 13. RIWATAR HIDUP.pdf] Text
13. RIWATAR HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 14. AMPIRAN.pdf] Text
14. AMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Pada kenyataannya masih terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Baregbeg tahun ajaran 2022/2023. Metode yang dipakai dalam penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan nilai. Pada siklus I aspek pengetahuan, peserta didik yang telah mencapai KKM 16 orang (57%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 12 orang (43%). Pada siklus II 100% peserta didik telah mencapai KKM. Sedangkan pada siklus I aspek keterampilan, peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 17 orang (61%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 11 orang (39%). Pada siklus II 100% peserta didik telah mencapai KKM. Pada tahap pengolahan data, dilakukan uji normalitas data mengidentifikasi unsu unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak normal. Kemudian penulis meggunakan uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil dari W tabel (0,05) (117,6). Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus kesatu ke siklus kedua. Hal tersebut menunjukkan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Baregbeg Tahun Ajaran 2022/2023. Dengan kata lain, hipotesis penulis dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: dewi dewi dewi
Date Deposited: 12 Nov 2025 00:49
Last Modified: 12 Nov 2025 00:49
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item
View Item