ANALISIS TINGKAT INKLUSI KEUANGAN PADA NASABAH DI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) PT. UNIT CIKURUBUK

FUZIAMA, GINA (2025) ANALISIS TINGKAT INKLUSI KEUANGAN PADA NASABAH DI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) PT. UNIT CIKURUBUK. Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN JUDUL.pdf] Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 5. PERNYATAAN.pdf] Text
5. PERNYATAAN.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 8. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf] Text
8. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR TABEL.pdf] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 15. BAB IV.pdf] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[thumbnail of 19. BIODATA.pdf] Text
19. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat inklusi keuangan pada nasabah
Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Cikurubuk dan mengidentifikasi faktor serta
hambatan yang memengaruhinya. Inklusi keuangan merupakan aspek penting
dalam mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan, karena memberikan
akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal seperti tabungan, kredit, dan
pembayaran digital. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran
kuesioner kepada 79 nasabah aktif serta wawancara kepada pihak internal bank.
Analisis dilakukan dengan mengacu pada tiga dimensi inklusi keuangan menurut
BI dan OJK (Peraturan Presiden No. 114 Tahun 2020) kemudahan akses
(Accesbility), ketersediaan layanan (availability), dan penggunaan layanan (usage).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah memiliki
akses terhadap layanan keuangan, namun belum mengoptimalkan penggunaannya.
Hambatan yang ditemukan mencakup rendahnya literasi keuangan, keterbatasan
infrastruktur, serta faktor sosial dan ekonomi yang beragam. Program-program
seperti BRILink, aplikasi BRImo, dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dinilai efektif
dalam memperluas inklusi, tetapi masih diperlukan peningkatan edukasi dan
pemerataan distribusi layanan, terutama di wilayah terpencil.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengambil kebijakan dan
pihak perbankan dalam meningkatkan strategi inklusi keuangan, khususnya di
daerah Tasikmalaya dan unit kerja serupa.
Kata kunci: inklusi keuangan, layanan keuangan, BRI Cikurubuk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII)
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:31
Last Modified: 10 Nov 2025 02:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item
View Item