ANALISIS STRATEGI CROSS SELLING CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATAKAN MINAT NASABAH PADA PRODUK CICIL EMAS (Studi Kasus pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk KCP Ciawi)

Az-zakiyah, Aulya Fithrotuzzahro (2025) ANALISIS STRATEGI CROSS SELLING CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATAKAN MINAT NASABAH PADA PRODUK CICIL EMAS (Studi Kasus pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk KCP Ciawi). Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. MOTTO.pdf] Text
5. MOTTO.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANATAR.pdf] Text
6. KATA PENGANATAR.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 7. ABSTRAk.pdf] Text
7. ABSTRAk.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi cross selling yang
dilakukan oleh petugas customer service di PT Bank Syariah Indonesia Tbk KCP
Ciawi dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk Cicil Emas. Produk ini
dirancang untuk mempermudah nasabah memiliki emas melalui sistem pembayaran
cicilan, namun belum seluruh nasabah merespons penawaran tersebut secara
antusias. Beberapa kendala yang diidentifikasi meliputi rendahnya pemahaman
nasabah terhadap produk, sikap penolakan selama interaksi, serta keterbatasan
waktu pelayanan pada hari-hari tertentu. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi,
dan
dokumentasi.
Hasil
penelitian
menunjukkan bahwa
keberhasilan cross selling sangat dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi
petugas, pemahaman terhadap produk, pendekatan personal yang sesuai dengan
karakter nasabah, serta tingkat kepercayaan nasabah terhadap bank. Sebagai bentuk
respons terhadap tantangan tersebut, pihak bank telah melaksanakan pelatihan soft
skill dan sosialisasi produk secara berkala. Penelitian ini menyarankan agar edukasi
kepada nasabah terus ditingkatkan serta kompetensi interpersonal petugas
senantiasa dikembangkan, guna mendukung pelaksanaan strategi cross selling yang
lebih efektif dan berkelanjutan.
Kata Kunci: Cross Selling, Customer Service, Minat Nasabah, Cicil Emas, Strategi
Pemasaran, Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII)
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 10 Nov 2025 02:20
Last Modified: 10 Nov 2025 02:20
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item
View Item