ANALISIS BAURAN PROMOSI DALAM EFEKTIVITAS PENYALURAN KREDIT GUNA BHAKTI (KGB) PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN Tbk KANTOR CABANG PEMBANTU PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA

SHIPA, ALIYA (2025) ANALISIS BAURAN PROMOSI DALAM EFEKTIVITAS PENYALURAN KREDIT GUNA BHAKTI (KGB) PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN Tbk KANTOR CABANG PEMBANTU PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA. Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 Cover.pdf] Text
1 Cover.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 2 Halaman Judul.pdf] Text
2 Halaman Judul.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 3 Lembar pengesahan.pdf] Text
3 Lembar pengesahan.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4 Lembar Penguji.pdf] Text
4 Lembar Penguji.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 5 Lembar pernyataan.pdf] Text
5 Lembar pernyataan.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 6 Abstrak.pdf] Text
6 Abstrak.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 7 Lembar Persembahan.pdf] Text
7 Lembar Persembahan.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 8 Kata Pengantar.pdf] Text
8 Kata Pengantar.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 9 Daftar isi Tabel Gambar Lampiran.pdf] Text
9 Daftar isi Tabel Gambar Lampiran.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 10 Bab 1.pdf] Text
10 Bab 1.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 11 Bab 2.pdf] Text
11 Bab 2.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 12 Bab 3.pdf] Text
12 Bab 3.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 13 Bab 4.pdf] Text
13 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[thumbnail of 14 Bab 5.pdf] Text
14 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[thumbnail of 15 Daftar Pustaka.pdf] Text
15 Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 16 Lampiran.pdf] Text
16 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[thumbnail of 17 Bodata Penulis.pdf] Text
17 Bodata Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan bauran promosi dalam
upaya meningkatkan efektivitas penyaluran Kredit Guna Bhakti (KGB) pada PT
Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk Kantor Cabang Pembantu
Pemerintah Kota Tasikmalaya. Penelitian ini juga mengevaluasi efektivitas masing
masing elemen promosi serta memberikan rekomendasi strategi promosi yang lebih
tepat sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi
langsung, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank telah
menerapkan lima elemen utama dalam bauran promosi, yaitu periklanan
(advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales
promotion), hubungan masyarakat (publicity), dan pemasaran langsung (direct
marketing). Di antara kelima elemen tersebut, personal selling dan advertising
dinilai paling efektif dalam menjangkau dan meyakinkan calon nasabah. Sementara
itu, direct marketing masih kurang optimal karena keterbatasan respons dari
masyarakat dan kurangnya komunikasi dua arah. Penelitian ini merekomendasikan
agar Bank BJB KCP Pemkot Tasikmalaya memperkuat promosi berbasis digital,
meningkatkan kualitas komunikasi personal, serta membangun kerja sama strategis
dengan instansi-instansi lokal guna meningkatkan jangkauan promosi dan realisasi
kredit.
Kata Kunci: Strategi, Bauran Promosi, Kredit Guna Bhakti, Bank

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII)
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:43
Last Modified: 07 Nov 2025 08:43
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item
View Item