SHIPA, ALIYA (2025) ANALISIS BAURAN PROMOSI DALAM EFEKTIVITAS PENYALURAN KREDIT GUNA BHAKTI (KGB) PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN Tbk KANTOR CABANG PEMBANTU PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA. Diploma thesis, Universitas Siliwangi.
1 Cover.pdf
Download (29kB)
2 Halaman Judul.pdf
Download (5kB)
3 Lembar pengesahan.pdf
Download (100kB)
4 Lembar Penguji.pdf
Download (103kB)
5 Lembar pernyataan.pdf
Download (103kB)
6 Abstrak.pdf
Download (225kB)
7 Lembar Persembahan.pdf
Download (71kB)
8 Kata Pengantar.pdf
Download (155kB)
9 Daftar isi Tabel Gambar Lampiran.pdf
Download (205kB)
10 Bab 1.pdf
Download (164kB)
11 Bab 2.pdf
Download (252kB)
12 Bab 3.pdf
Download (79kB)
13 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (645kB)
14 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22kB)
15 Daftar Pustaka.pdf
Download (73kB)
16 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (684kB)
17 Bodata Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (103kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan bauran promosi dalam
upaya meningkatkan efektivitas penyaluran Kredit Guna Bhakti (KGB) pada PT
Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk Kantor Cabang Pembantu
Pemerintah Kota Tasikmalaya. Penelitian ini juga mengevaluasi efektivitas masing
masing elemen promosi serta memberikan rekomendasi strategi promosi yang lebih
tepat sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi
langsung, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bank telah
menerapkan lima elemen utama dalam bauran promosi, yaitu periklanan
(advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales
promotion), hubungan masyarakat (publicity), dan pemasaran langsung (direct
marketing). Di antara kelima elemen tersebut, personal selling dan advertising
dinilai paling efektif dalam menjangkau dan meyakinkan calon nasabah. Sementara
itu, direct marketing masih kurang optimal karena keterbatasan respons dari
masyarakat dan kurangnya komunikasi dua arah. Penelitian ini merekomendasikan
agar Bank BJB KCP Pemkot Tasikmalaya memperkuat promosi berbasis digital,
meningkatkan kualitas komunikasi personal, serta membangun kerja sama strategis
dengan instansi-instansi lokal guna meningkatkan jangkauan promosi dan realisasi
kredit.
Kata Kunci: Strategi, Bauran Promosi, Kredit Guna Bhakti, Bank
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII) |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 08:43 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 08:43 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1029 |
