PENGARUH MEDIA MEME TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 1 CIAMIS (Quasi Experimental pada Siswa kelas XI IPS 5 Mata Pelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perang Dunia II Tahun Ajaran 2022/2023)

BUDI, AGUNG SETIA (2023) PENGARUH MEDIA MEME TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 1 CIAMIS (Quasi Experimental pada Siswa kelas XI IPS 5 Mata Pelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perang Dunia II Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (60kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (114kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (57kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (254kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (243kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini diangkat dari permasalahan kurangnya minat belajar pada pembelajaran sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Meme terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dalam penggunaan media terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ciamis. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 5 yang berjumlah 71 orang. Proses pengambilan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran kuisioner (angket) sebelum dan sesudah dilakukan Treatment agar dapat dilihat pengaruhnya. Sebelum data disebarkan, pada instrumen penelitian telah dilakukan uji validitas dan reabilitas agar data benar�benar layak disebarkan kepada responden. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan olah data menggunakan software SPSS. Berdasarkan rata-rata skor di kelas kontrol didapatkan rata-rata skor post-test sebesar 62,04% dan rata-rata skor post-test kelas eksperimen adalah 75,31%. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-test dan didapatkan hasil nilai Asymp.sig(2-tailed) sebesar 0,00, dapat disimpulkan nilai Asymp.sig 0,00<0,50. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media meme terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Ciamis. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Meme, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:13
Last Modified: 18 Jul 2023 07:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9905

Actions (login required)

View Item View Item