PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pokok Respon Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dan Kolonialisme di Kelas XI IPS 4 SMAN 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

FAUZIAH, RESTY (2023) PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Materi Pokok Respon Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dan Kolonialisme di Kelas XI IPS 4 SMAN 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (387kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (373kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (437kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (376kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (373kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (369kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text
13. BAB 1.pdf

Download (465kB)
[img] Text
14. BAB 2.pdf

Download (496kB)
[img] Text
15. BAB 3.pdf

Download (608kB)
[img] Text
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward and punishment dalam model number head togther terhadap aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI IPS 4 SMAN 5 Tasikmalaya bahwasannya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sejarah tergolong masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar siswa ditandai dengan kurang aktif dan kurang berkontribusinya siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari rendahnya aktivitas tanya-jawab, rendahnya keinginan untuk berpendapat dan menyimak materi pelajaran sejarah. Pembelajaran yang bervariatif merupakan salahsatu faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif desain penelitian kuasi eksperimen bentuk nonequalivalent control grup design. Populasi dari penelitian adalah seluruh kelas XI IPS dan sampelnya hanya kelas XI IPS 4. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, lembar angket pretest-posttest dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pemberian reward and punishment dalam model number head together terhadap aktivitas belajar. Hasil ini berdasarkan analisis data pada nilai pretest dan posttest yang meningkat dari 65,34% ke 77,39%. Dibuktikan pula dari hasil uji independent sample t-test bahwa nilai Asymp Sig 2 tailed lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu 0,000 < 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka interpretasi ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pengaruh pemberian reward and punishment dalam model number head togther terhadap aktivitas belajar. Kata Kunci: Reward and Punishment, Number Head Together, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:12
Last Modified: 18 Jul 2023 07:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9900

Actions (login required)

View Item View Item