PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN GENDER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

NURJANAH, ULVA (2023) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN GENDER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (628kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (435kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (441kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (395kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (349kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (350kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (346kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (229kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (227kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (464kB)
[img] Text
17. Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gender melalui model pembelajaran project based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif dengan desain penelitian Static Group Comparation. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIPA sebanyak 47. Sampel pada penelitian ini diambil dengan total sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1, 14 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki laki. X MIPA 2, 14 peserta didik perempuan dan 7 peserta didik laki laki. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal kemampuan berpikir kreatif sebanyak 8 soal essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah t test independent dengan bantuan SPSS versi 29 for windows dengan nilai signifikansi (0,876). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gender melalui model pembelajaran project based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Kabupaten Pangandaran. Temuan lainnya menunjukkan bahwa skor rata – rata kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik laki – laki berdasarkan indikator yakni fluency (2,21), flexibility (2,20), elaboration (3,00), dan originality (1,37). Serta skor rata – rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik perempuan berdasarkan indikator yakni fluency (2,17), flexibility (2,14), elaboration (3,00), dan originality (1,41). Kata Kunci : kemampuan berpikir kreatif dan gender

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:36
Last Modified: 14 Jul 2023 03:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9828

Actions (login required)

View Item View Item