NURJANAH, ULVA (2023) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN GENDER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (628kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (435kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (441kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (395kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (349kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (350kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (346kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (229kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (227kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (379kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (399kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (464kB) |
|
Text
17. Daftar Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gender melalui model pembelajaran project based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif dengan desain penelitian Static Group Comparation. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIPA sebanyak 47. Sampel pada penelitian ini diambil dengan total sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1, 14 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki laki. X MIPA 2, 14 peserta didik perempuan dan 7 peserta didik laki laki. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal kemampuan berpikir kreatif sebanyak 8 soal essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah t test independent dengan bantuan SPSS versi 29 for windows dengan nilai signifikansi (0,876). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gender melalui model pembelajaran project based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Kabupaten Pangandaran. Temuan lainnya menunjukkan bahwa skor rata – rata kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik laki – laki berdasarkan indikator yakni fluency (2,21), flexibility (2,20), elaboration (3,00), dan originality (1,37). Serta skor rata – rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik perempuan berdasarkan indikator yakni fluency (2,17), flexibility (2,14), elaboration (3,00), dan originality (1,41). Kata Kunci : kemampuan berpikir kreatif dan gender
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:36 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9828 |
Actions (login required)
View Item |