ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM PADA MATERI ALJABAR

WAHID, FIKRI ABDUL (2023) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM PADA MATERI ALJABAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRAK FIKRI ABDUL WAHID. 2023. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Model Asesmen Kompetensi Minimum Pada Materi Aljabar. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal model Asesmen Kompetensi Minimum serta mengetahui faktor penyebab miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal Model Asesmen Kompetensi Minimum pada Materi Aljabar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik dari kelas IX-J di SMP Negeri 3 Tasikmalaya sebanyak empat orang diambil dari masing-masing kategori miskonsepsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melaksanakan tes soal model Asesmen Kompetensi Minimum pada materi Aljabar disertai dengan CRI dan wawancara. Instrumen tes sebanyak satu soal yang telah divalidasi oleh dua orang dosen Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan memberikan soal tes, dilanjutkan dengan mewawancarai peserta didik untuk mengetahui lebih mendalam mengenai faktor penyebab miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal model Asesmen Kompetensi Minimum pada materi aljabar serta mendeskripsikan faktor yang mepenyebabkan miskonsepsi dalam menyelesaikan soal model Asesmen Kompetensi Minimum pada materi Aljabar. Simpulan yang didapat berdasarkan analisis data dalam penelitian ini terdapat empat peserta didik yang mengalami miskonsepsi yaitu S1 mengalami miskonsepsi pada pengartian huruf dan miskonsepsi penggeneraliasian dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah intuisi yang salah. S5 mengalami miskonsepsi notasi dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah Intuisi Yang Salah. S7 mengalami miskonsepsi notasi dan miskonsepsi penggeneralisasian dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah kemampuan peserta didik serta S27 mengalami miskonsepsi pengaplikasian aturan dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah Reasoning yang tidak lengkap/salah. Kata kunci: Analisis Miskonsepsi, Asesmen Kompetensi Minimum, Faktor penyebab Miskonsepsi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 May 2023 06:36
Last Modified: 10 May 2023 06:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9161

Actions (login required)

View Item View Item