Qur’aini, Anastasya (2023) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI DEMONSTRASI MASSA DALAM MEDIA MASSA TIRTO.ID SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI (Penelitian Deskriptif Terhadap Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Demonstrasi Massa dalam Media Massa Tirto.Id). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (332kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (350kB) |
|
Text
3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (241kB) |
|
Text
4.ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
|
Text
5.KATA PENGANTAR.pdf Download (324kB) |
|
Text
6.DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (526kB) |
|
Text
7.BAB I.pdf Download (343kB) |
|
Text
8.BAB II.pdf Download (476kB) |
|
Text
9.BAB III.pdf Download (536kB) |
|
Text
10.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
Text
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
Abstract
ABSTRAK Anastasya Qur’aini, 2023. Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Demonstrasi Massa dalam Media Massa Tirto.Id sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI (Penelitian Deskriptif Terhadap Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Demonstrasi Massa dalam Media Massa Tirto.Id). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa kelas XI dalam kurikulum 2013 revisi yaitu teks eksplanasi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis, materi tentang teks eksplanasi masih kurang alternatif bahan ajar hanya memanfaatkan bahan ajar dari Kemendikbud dan kurang bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dapat atau tidaknya teks eksplanasi demonstrasi massa dalam media massa Tirto.id dijadikan sebagai alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analitis. Sumber dalam penelitian ini adalah teks eksplanasi dalam media massa Tirto.id edisi September 2019. Populasi penelitian ini sebanyak 10 teks dan sampel penelitian ini yaitu sebanyak 6 teks. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik wawacara, teknik dokumentasi, dan teknik analisis wacana. Teknik validasi data yang penulis gunakan adalah teknik angket dan teknik tes. Hasil analisis yang telah penulis lakukan, hasilnya menunjukkan bahwa: (1) keenam sampel teks eksplanasi yang penulis analisis berdasarkan struktur diperoleh hasil bahwa teks-teks tersebut sudah memiliki struktur yang lengkap meliputi bagian identifikasi fenomena, penggambaran rangkaian kejadian, dan ulasan sehingga dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi dasar 3.4 di kelas XI; (2) keenam sampel teks eksplanasi yang penulis analisis beradasarkan kebahasaan diperoleh hasil bahwa teks-teks tersebut memiliki kebahasaan yang lengkap sehingga dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi dasar 3.4 di kelas XI; (3) keenam sampel teks eksplanasi yang penulis analisis berdasarkan kesesuainnya dengan kriteria bahan ajar diperoleh hasil bahwa teks-teks tersebut sudah sesuai dan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 May 2023 06:34 |
Last Modified: | 10 May 2023 06:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9141 |
Actions (login required)
View Item |