ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA MAJALAH UNIK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR KELAS XI SMA/SMK

Hidayatunnisa, Iyya (2021) ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA MAJALAH UNIK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR KELAS XI SMA/SMK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK Iyya Hidayatunnisa, 2021, Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur pada Majalah Unik Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Prosedur kelas XI SMA/SMK”. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakulas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universias Siliwangi Tasikmalaya. Pembelajaran Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai pembelajaran berbasis teks. Penentuan bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu peserta didik untuk mencapai kompetensi merupakan masalah yang sering dihadapi seorang guru dalam kegiatan pembelajaran.Oleh karena itu jenis-jenis teks termasuk teks prosedur kompleks harus menjadi perhatian dalam pembelajaran. Pemilihan bahan ajar merupakan persoalan pokok yang tidak dapat dikesampingkan dalam suatu proses pembelajaran yang utuh. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, dapatkah teks prosedur kompleks pada majalah digital Unik dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks prosedur kompleks bagi peserta didik kelas XI SMA/SMK? Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kesesuaian teks prosedur kompleks dari apek struktur dan kaidah kebahasaan, tingkat keterbacaan wacana,dan kriteria bahan ajar dan sebagai alternatif bahan pembelajaran pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Sumber data penelitian ini adalah teks prosedur kompleks dari majalah yaitu yang terdapat di media digital yang berjudul Unik teks prosedur kompleks yang diambil sebanyak 7 teks dari populasi 15 dengan menggunakan teknik purposive. Instrument analisis kesesuaian antara struktur dan kaidah kebahasaan, tingkat keterbacaan wacana, dan kriteria bahan ajar. Hasil validitas instrument penelitian dijadikan sebagai dasar untuk pengembangan hasil analisis teks prosedur kompleks sebagai bahan ajar di sekolah Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis teks prosedur berdasarkan struktur dan kaidah dalam teks prosedur kompleks teks memenuhi keutuhan sebagai teks prosedur kompleks dipandang dari segi struktur dan kaidah kebahasaannya. Hasil analisis tingkat keterbacaan wacana menunjukan wacana cocok untuk tingkat SMA/SMK kelas XI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:20
Last Modified: 20 Mar 2023 01:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8918

Actions (login required)

View Item View Item