PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SARIWANGI (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA NEGERI SARIWANGI Tahun Ajaran 2021/2022)

ALFATIANA, AENAYA (2022) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SARIWANGI (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA NEGERI SARIWANGI Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Aenaya Alfatiana, 2021. PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SARIWANGI (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMA NEGERI SARIWANGI Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Hj. Heti Suherti, Dra., M.M dan Ati Sadiah, S. Pd., M. Pd Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2021 sampai dengan Desember 2021 di SMA Negeri 1 Sariwangi kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS, siswa yang terbagi atas dua kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS dengan jumlah siswa 61 orang siswa yang diambil dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar berjumlah 40 soal berbentuk pilihan ganda denga empat option. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 25.0 yaitu uji paired sampel t test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil perhitungan didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 ( ̅ = 24,03 ) denga ratarata nilai N-gain sebesar 0,49 dan termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata yang lebih rendah ( ̅ = 19,23) dengan ratarata nilai N-gain sebesar 0,23 dan termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan yang menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05. Maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran video tutorial dengan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan media pembelajaran. Kata kunci : Hasil Belajar, Media Video tutorial, Model Pembelajaran Langsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:19
Last Modified: 20 Mar 2023 01:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8913

Actions (login required)

View Item View Item