PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU APLIKASI KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi pada Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Ciwaringin Tahun Ajaran 2022/2023)

SARI, DESVI URI NOVITA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU APLIKASI KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi pada Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Ciwaringin Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (118kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (143kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (611kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (412kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
12, BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Desvi Uri Novita Sari. (2023). Skripsi. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Aplikasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi pada Konsep Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Ciwaringin Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah Bimbingan Ai Nur Solihat, M.Pd. dan Sri Hardianti Sartika, M.Pd. Fokus penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciwaringin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu aplikasi Kahoot! terhadap hasil belajar peserta didik. Menggunakan metode Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda sebanyak 50 soal dan soal essay sebanyak 10 soal. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciwaringin sebanyak 123 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan perolehan rerata N-Gain untuk kelas eksperimen adalah 0,746, sedangkan perolehan rerata N-Gain kelas kontrol lebih kecil yaitu 0,646. Selain itu berdasarkan uji Independent Samples T Test diperoleh nilai signifikansi (2-Tailed) 0,000 <0,05. Hasil analisis dan perhitungan tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantu aplikasi Kahoot! berpengaruh meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Aplikasi Kahoot!

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:54
Last Modified: 13 Mar 2023 02:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8854

Actions (login required)

View Item View Item