Halida Zia, Puty (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOVERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII MTs Leuwiseeng Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (17kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (112kB) |
|
Text
5. Daftar Isi.pdf Download (113kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (217kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (367kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (354kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Menelaah dan menyajikan teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya peserta didik kelas VIII B MTs Leuwiseeng Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 belum mampu menelaah dan menyajikan teks eksposisi dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooverative Integrated Reading and Compostion (CIRC) meningkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII B MTs Leuwiseeng Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data peserta didik kelas VIII B MTs Leuwiseeng Singaprna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengolahan data, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat terbukti kebenarannya dengan melihat hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah teks eksposisi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM sebanyak 11 orang (61%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 7 orang (39%). Pada pembelajaran menyajikan teks ekposisi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 5 orang (28%), dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 13 orang (72%). Pada siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik (100%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dihitung secara statistik, data kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksposisi pada siklus kesatu dan siklus kedua diperoleh hasil Whitung = 0 nilai Wtabel (28). Artinya, model pembelajaran Cooverativer Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII MTs Leuwiseeng Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 01:37 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 01:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/883 |
Actions (login required)
View Item |