ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA SISWA SMAN DI KABUPATEN CIAMIS

NURHIDAYAT, IQBAL (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA SISWA SMAN DI KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVAR.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LEMBAR DEWAN PENGUJI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Iqbal Nurhidayat. 2022. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA SISWA SMAN DI KABUPATEN CIAMIS. Analisis pemahaman konsep pada materi suhu dan kalor didasari hasil studi pendahuluan di tiga sekolah ditemukan 20 dari 46 siswa menjawab salah pada soal suhu dan kalor serta 25 diantaranya mengatakan bahwa materi suhu dan kalor itu sulit. Oleh karena itu perlu adanya analisis lebih lanjut tentang sejauh mana pemahaman konsep siswa pada materi suhu kalor di kabupaten Ciamis saat ini. Cara yang akan digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa adalah dengan instrumen Four Tier Diagnostic Test. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis pemahaman konsep materi Suhu dan Kalor menggunakan instrumen Four Tier Diagnostic Test pada siswa SMAN di kabuaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan desain penelitian yaitu Cross-Sectional Survey Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa dari 17 SMAN yang ada di kabupaten Ciamis yang mengambil jurusan IPA, dan sampel yang digunakan adalah SMAN 1 Ciamis, SMAN 2 Ciamis, SMAN 3 Ciamis, SMAN 1 Kawali, dan SMAN 1 Sindangkasih yang berjumlah 30 siswa�siswi dari masing-masing sekolah. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Analisis data dilakukan pada setiap butir soal Four Tier Diagnostic Test untuk kemudian mendapatkan data pemahaman konsep pada setiap indikator soal, sub materi dan secara menyeluruh. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa siswa SMAN di kabupaten Ciamis banyak mengalami miskonsepsi dalam mengaplikasikan penerapan konsep temperatur dalam kehidupan sehari-hari dengan persentase mencapai 67,1% dan paham konsep 0%, kemudian ketika analisis dilakukan secara menyeluruh ditemukan bahwa siswa SMAN di kabupaten Ciamis pada materi suhu dan kalor mengalami paham konsep 7,8%, paham sebagian 31,5%, tidak paham konsep 26,2%, miskonsepsi 27,7%, tidak dapat dikodekan 6,7%. Oleh karena itu, sebagian besar siswa SMAN di kabupaten Ciamis hanya paham sebagian terhadap materi suhu dan kalor sedangkan hanya sebagian kecil yang paham konsep materi suhu dan kalor. Kata kunci: Four Tier Diagnostic Test, Pemahaman Konsep, Suhu dan Kalor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:15
Last Modified: 27 Feb 2023 03:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8713

Actions (login required)

View Item View Item