PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA DI KELAS XI IPS 2 MA NEGERI 3 BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RAHAYU, FITRIA PANGESTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA DI KELAS XI IPS 2 MA NEGERI 3 BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (166kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (222kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (422kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK FITRIA PANGESTI RAHAYU, 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA DI KELAS XI IPS 2 MA NEGERI 3 BANYUMAS TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi perang melawan penjajahan Belanda di kelas XI IPS 2 MA Negeri 3 Banyumas Tahun Pelajaran 2022/2023. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 2 MA Negeri 3 Bayumas Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksprerimen desain Non�Equivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 70 siswa, dari populasi tersebut diambil sampel yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas control dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa, kemudian kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu pengambilan sampelnya berdasarkan pertimbangan tertentu. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa angket dan lembar observasi. Adapun hasil penelitian yang didapat dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol nilai rata-rata pretest adalah 73,14 dan nilai posttest adalah 77,71. Sedangkan pada kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen nilai rata-rata pretest adalah 77,5 dan nilai posttest adalah 82,29. Hasil uji hipotesis yang diperoleh adalah nilai Sig.(2-tailed) 0,024 < 0,05 yang mana dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi perang melawan penjajahan Belanda di kelas XI IPS 2 MA Negeri 3 Banyumas Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Feb 2023 07:28
Last Modified: 15 Feb 2023 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8614

Actions (login required)

View Item View Item