SAFILAH, MUTIYA (2022) PERANAN KOMUNITAS PRABOWO-SANDI (KOMPAS) PADA PILPRES 2019 DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (91kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (518kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (481kB) |
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (34kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (31kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
|
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf Download (23kB) |
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (14kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (47kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (107kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (68kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dengan judul “Peranan Komunitas Prabowo-Sandi (KomPas) Pada Pilpres 2019 di Kota Tasikmalaya”. Tujuan studi penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan yang dilakukan oleh Komunitas Prabowo-Sandi pada saat pilpres 2019 terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden. Latar belakang penelitian ini yaitu adanya keresahan masyarakat khususnya kaum emak-emak dalam isu ketidakstabilan harga bahan pokok di Indonesia dan keresahan-keresahan lainnya, sehingga membentuk sebuah kelompok atau komunitas di Tasikmalaya pada saat menjelang pilpres 2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi, marketing politik, kampanye dan peran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Didukung oleh pendekatan fenomenologi dan pendekatan pilihan rasional. Dengan menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri dari empat pokok yaitu: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan validitas data. Hasil dalam penelitian ini yaitu upaya peranan yang dilakukan oleh Komunitas Prabowo-Sandi (KomPas) telah berhasil dengan memperoleh suara terbanyak di Kota Tasikmalaya. Hal ini menunjukkan bahwa efek yang dilakukan oleh komunitas tersebut memberikan efek kesadaran yang cukup signifikan yaitu sikap apatis emak-emak terhadap politik menjadi peduli dan juga ikut berkontribusi dalam pemilu 2019 lalu. Meskipun jumlah pemilih laki-laki lebih dominan, namun kaum perempuan atau emak-emak ini menyatukan suaranya untuk kemenangan pasangan calon yang diusungkan oleh Komunitas Prabowo�Sandi. Kata Kunci : Pilpres 2019, KomPas, Strategi, Marketing Politik, Kampanye, Peran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 01:57 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 01:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8555 |
Actions (login required)
View Item |