PUSPITA, IKA (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MAN 1 Pangandaran Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (97kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (335kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (342kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (345kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (500kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (394kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (715kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
Abstract
ABSTRAK Ika Puspita, 2023. Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap Kamampuan Berpikir Analitis Peserta Didik (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MAN 1 Pangandaran Tahun Ajaran 2022/2023. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Di bawah bimbingan Ai Nur Solihat, S.Pd., M.Pd. dan Kurniawan, S.Pd., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran discovery learning yang berbantuan lembar kegiatan siswa (LKS) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen bentuk nounequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Pangandaran yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh dengan 21 orang kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan 26 orang kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes uraian soal berpikir analitis dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired samples T-test, uji independent samples T-test dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan analitis peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,75 (tinggi). 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir analitis peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional sebelum dan sesudah pembelajaran dengan nilai rata-rata N-gain 0,65 (sedang). 3) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan analitis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Berpikir Analitis, Discovery Learning, LKS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 08:07 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 08:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8547 |
Actions (login required)
View Item |