PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MAN 1 Pangandaran Tahun Ajaran 2022/2023)

PUSPITA, IKA (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MAN 1 Pangandaran Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (335kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (342kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (715kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

ABSTRAK Ika Puspita, 2023. Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap Kamampuan Berpikir Analitis Peserta Didik (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MAN 1 Pangandaran Tahun Ajaran 2022/2023. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Di bawah bimbingan Ai Nur Solihat, S.Pd., M.Pd. dan Kurniawan, S.Pd., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran discovery learning yang berbantuan lembar kegiatan siswa (LKS) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen bentuk nounequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Pangandaran yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh dengan 21 orang kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan 26 orang kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes uraian soal berpikir analitis dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired samples T-test, uji independent samples T-test dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan analitis peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,75 (tinggi). 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir analitis peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional sebelum dan sesudah pembelajaran dengan nilai rata-rata N-gain 0,65 (sedang). 3) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan analitis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Berpikir Analitis, Discovery Learning, LKS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:07
Last Modified: 13 Feb 2023 08:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8547

Actions (login required)

View Item View Item