KORELASI ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

ILAHI, ILMA NUR (2023) KORELASI ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR & UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR & DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ILMA NUR ILAHI. 2023. Korelasi antara Self Regulated Learning dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Dalam proses pembelajaran, self regulated learning dan motivasi belajar sangat penting dimiliki oleh peserta didik karena dapat membantu dalam pengaturan proses belajar dan mendorong peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara self regulated learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Tasikmalaya dengan populasi seluruh kelas X MIPA sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 137 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan rekomendasi dari guru biologi di mana sampel yang diambil merupakan kelas yang aktif, responsif dan memiliki skor rata-rata PAS tertinggi sehingga terpilih kelas X MIPA 3 yang berjumlah 33 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner self regulated learning sebanyak 18 pernyataan dan kuesioner motivasi belajar sebanyak 17 pernyataan. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dari guru biologi berupa skor PAS sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi sederhana dan korelasi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara self regulated learning dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dengan nilai R sebesar 0,469 yang berada pada kategori sedang dan kontribusi self regulated learning terhadap hasil belajar sebesar 22%. Ada korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dengan nilai R sebesar 0,531 yang berada pada kategori sedang dan kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 28,2%. Ada korelasi antara self regulated learning dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dengan nilai R sebesar 0,532 yang berada pada kategori sedang dan kontribusi self regulated learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 28,3%. Kata Kunci: Self Regulated Learning; Motivasi Belajar; Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Feb 2023 00:37
Last Modified: 14 Feb 2023 00:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8531

Actions (login required)

View Item View Item