LUKMAN, ANNISA FITRIA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHICS MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MATERI FLUIDA STATIS (Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (229kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (211kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (100kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (49kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (116kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (358kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (269kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Annisa Fitria Lukman. 2022. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHICS MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MATERI FLUIDA STATIS. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar fisika siswa adalah dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis motion graphics menggunakan software Adobe After Effect melalui pendekatan contextual teaching and learning yang dapat digunakan untuk pembelajaran fisika materi fluida statis kelas XI IPA SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah analyze, design, development, dan implementation. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada satu orang guru fisika kelas XI IPA, studi literatur, angket uji validitas media dan materi kepada validator ahli, serta angket uji kepraktisan kepada siswa kelas XI IPA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Tasikmalaya dengan teknik analisis data yang dilakukan berupa analisis deskriptif terhadap analisis kebutuhan guru dan siswa serta angket dari hasil uji validitas dan uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis motion graphics dengan pendekatan contextual teaching and learning valid dan sangat praktis digunakan oleh siswa kelas XI IPA dengan hasil perhitungan indeks Aiken ahli media dan ahli materi berturut-turut sebesar 0,8 dan 0,76 dengan kriteria valid serta rata-rata persentase kepraktisan sebesar 86% dengan kriteria sangat praktis. Kata Kunci: Adobe After Effect, Contextual Teaching and Learning, Media Pembelajaran, Motion Graphics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 00:37 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 00:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8524 |
Actions (login required)
View Item |