ANALISIS KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

OKTAVANI, GINA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi full gina oktavani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan generalisai matematis ditinjau dari level kecemasan not present, mild, moderate, severe, dan very severe. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini angket kecemasan, soal kemampuan generalisasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri (human instrument) sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yakni angket kecemasan matematis skala HARS, soal kemampuan generalisasi matematis, dan pedoman wawancara. Sumber data penelitian ini mencakup 3 elemen yaitu tempat (place): penelitian ini dilaksanakan di SMK Mitra Batik, pelaku (actors): subjek penelitian ini terdiri dari 5 peserta didik yang masing-masing memiliki kecemasan dengan level not present, mild, moderate, severe, dan very severe, aktivitas (activity): aktivitas penelitian ini berfokus pada subjek saat menyelesaikan soal kemampuan generalisasi matematis. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (a) Peserta didik yang memenuhi indikator mengenal sebuah aturan/pola adalah peserta didik dengan semua level kecemasan (b) Peserta didik yang memenuhi indikator menguraikan sebuah aturan/pola adalah peserta didik dengan kecemasan not present, mild, moderate, dan severe. (c) Peserta didik yang memenuhi indikator menghasilkan sebuah aturan/pola umum adalah peserta didik dengan kecemasan not present, mild, dan moderate. (d) Peserta didik yang memenuhi indikator memformulasikan keumuman secara simbolik adalah peserta didik dengan kecemasan not present, dan mild. (e) Pesera didik yang memenuhi indikator menerapkan sebuah aturan/pola dari berbagai persoalan adalah peserta didik dengan kecemasan not present. Kata kunci: kecemasan, kemampuan generalisasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:12
Last Modified: 12 Sep 2019 01:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item