PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Cisayong Tahun Pelajaran 2022/2023)

MARTIA, ERZA ADHA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Cisayong Tahun Pelajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (909kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (517kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (164kB)
[img] Text
7. Daftar-daftar.pdf

Download (104kB)
[img] Text
8. Bab 1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. Bab 2.pdf

Download (172kB)
[img] Text
10. Bab 3.pdf

Download (408kB)
[img] Text
11. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
12. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Erza Adha Martia. 2022. Skripsi. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Cisayong Tahun Pelajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Gugum Gumilar, S.Pd., M.Pd. dan Astri Srigustini, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Cisayong yaitu masih banyaknya peserta didik yang kemampuan pemecahan masalahnya rendah, rendahnya hasil tersebut diperoleh berdasar pada hasil pra penelitian dimana nilai rata rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI-IPS yaitu sebesar 48,75%. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dalam bentuk The Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan 3 kali pertemuan yang didalamnya terdapat Pretest-Posttest untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan kelas kontrol yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana penentuan sampel dengan pertimbangan dan kelas yang dipilih adalah XI IPS 1 dan XI IPS 3 terdiri dari 62 Peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 90,33 dan nilai N-Gain sebesar 0,78 sedangkan kelas kontrol sebesar 87,7 dan nilai N-Gain sebesar 0,66. Berdasarkan perhitungan SPSS terhadap uji hipotesis, menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan, Ha diterima dan H0 ditolak dengan nilai Sig.2-tailed adalah 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Creative Problem Solving , Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:57
Last Modified: 10 Feb 2023 08:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8507

Actions (login required)

View Item View Item