PROSES PENDIDIKAN KEAGAMAAN K.H. ZAINAL MUSTHAFA DI PESANTREN CILENGA LEUWISARI TAHUN 1917 -1927

Dzulfikar, Fikri (2022) PROSES PENDIDIKAN KEAGAMAAN K.H. ZAINAL MUSTHAFA DI PESANTREN CILENGA LEUWISARI TAHUN 1917 -1927. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
6. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (319kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (651kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (446kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (616kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (429kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Fikri Dzulfikar. 2022. “Proses Pendidikan Keagamaan K.H. Zainal Musthafa di Pesantren Cilenga Tahun 1917 – 1927”. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Perkembangan pendidikan pesantren, tidak lepas dari masuknya agama Islam di Indonesia. Salah satunya upaya penyebarannya adalah melalui dunia pendidikan. Dengan demikian pendidikan merupakan sesuatu mendasar dan tidak bisa di lepas dari kehidupan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode historis. Metode historis yang digunakan dimaksud adalah suatu proses menguji dan menganalisis secara ktitis rekaman peninggalan masa lalu. Tahap�tahap dalam penelitian ini meliputi heuristic, kritik, interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan penelitian yang digunakan adalah studi literature, yaitu mengumpulkan fakta dan sumber dari berbagai literature yang berkaitan dan relevan dengan permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu,(1)Untuk mengetahui profil K.H. Zainal Musthafa.(2)Untuk mengetahui ilmu yang diperoleh K.H. Zainal Musthafa selama pendidikan pesantren.(3)Untuk mengetahui proses pendidikan keagamaan yang didapat K.H. Zainal Musthafa di Pesantren Cilenga Leuwisari tahun 1917 – 1927. Hasil penelitian ini adalah K.H. Zainal Musthafa merupakan sosok tokoh pahlawan nasional yang memperjuangkan harkat martabat Islam di daerah Tasikmalaya terhadap penjajah serta seorang revolusioner atas kemajuan pendidikan keagamaan. Proses K.H. Zainal Musthafa dimulai dari nama kesayangan beliau terhadap guru adalah Hudaemi menempuh pendidikan formal di Sekolah Rakyat sampai kelas tiga, sanad keilmuan beliau dari meneruskan mencari ilmu ke pondok pesantren. Hudaemi di pesantrenkan oleh seorang janda kaya bersama sepupunya Dimyati belajar ke Pondok Pesantren Gunung Pari, kemudian berturut-turut ke Pondok Pesantren Cilenga, Sukamiskin (Bandung), Cibatu, dan Jamanis. Janda kaya tersebut bernama Juhairiyah yang merupakan kakak dari ibu Hudaemi. Pada waktu di pesantren di Cilenga, keduanya (Hudaemi dan Dimyati) menunaikan ibadah haji. Setelah pulang dari ibadah haji, nama Hudaemi di rubah menjadi K.H. Zainal Musthafa dan Dimyati menjadi K.H. Zainal Muhsin. Kata Kunci: Cilenga, K.H. Zainal Musthafa, Pendidikan Keagamaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:16
Last Modified: 08 Feb 2023 01:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8379

Actions (login required)

View Item View Item