PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP VERTEBRATA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

FANKY KRESNANDYA, TIO (2019) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP VERTEBRATA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
00. Cover Skripsi Tio.pdf

Download (17kB)
[img] Text
03. ABSTRAK TIO.pdf

Download (110kB)
[img] Text
04. KATA PENGANTAR TIO.pdf

Download (203kB)
[img] Text
05. DAFTAR ISI TIO.pdf

Download (8kB)
[img] Text
09. BAB I TIO.pdf

Download (246kB)
[img] Text
10. BAB II TIO.pdf

Download (839kB)
[img] Text
11. BAB III TIO.pdf

Download (703kB)
[img] Text
12. BAB IV tio fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
13. BAB V + DAFTAR PUSTAKA TIO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Optimalisasi media dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan vital dalam menghidupkan suasanan pembelajaran, dengan penggunaan media yang inovatif dan kreatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik, tetapi hal tersebut masih kurang disadari oleh pendidik dalam hal ini guru. Sehingga dalam penelitian ini, dikaji mengenai pengaruh media video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep Vertebrata di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018 – Juli 2019 dan lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan true experiment dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 4 kelas yang terdiri dari X MIPA 5, X MIPA 6, X MIPA 7, X MIPA 8, dengan menggunakan teknik cluster random sampling hasilnya adalah kelas X MIPA 5 (eksperimen) dan X MIPA 7 (kontrol). Instrumen penelitian menggunakan instrumen yang tervalidasi ahli dengan jumlah butir soal 32 soal valid, bentuk instrumen pilihan majemuk. Berdasarkan analisis statistik dengan uji t pada taraf signifikansi (α) = 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar pada pembelajaran sub konsep Vertebrata di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Media, Powtoon, Vertebrata dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:17
Last Modified: 10 Sep 2019 03:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item