M, YUSRIL IHZA A. (2021) PENGARUH E-LEARNING MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PJOK SMA N 1 PATIMUAN TAHUN AKADEMIK 2020/2021 (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Patimuan Tahun Akademik 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
|
Text
14. BAB I.pdf Download (92kB) |
|
Text
15. BAB II.pdf Download (213kB) |
|
Text
16. BAB III.pdf Download (331kB) |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
Abstract
ABSTRAK YUSRIL IHZA A. M. 2021. Pengaruh E-Learning Media Google Classroom terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X Mata Pelajaran PJOK SMA N 1 Patimuan tahun Akademik 2020/2021. Jurusan Pendidikan jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Kemampuan kognitif dibutuhkan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung agar dapat mengikuti pembelajaran dan menjalankan tugasnya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-learning media google classroom terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X mata pelajaran PJOK di SMA N 1 Patimuan tahun akademik 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode dengan bentuk Pre Experimental Design dan dengan jenis One Group Pretest-Posttes Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Patimuan yang berjumlah 63 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah 54 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Patimuan dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS 1 & 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa. Adapun kemampuan kognitif yang akan diteliti menurut taksonomi Bloom pada Level Higher Order Thinking Skill (HOTS). Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-T) dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 52 didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,01 dengan nilai thitung sebesar 3,652 dan ttabel sebesar 2,006 sehingga dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh pengunaan e-learning media google classroom terhadap kemampuan kognitif siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 0, 20 dengan peningkatan hasil belajar kategori rendah. Kata kunci: e-learning, google classroom, kemampuan kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 15:51 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 15:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8240 |
Actions (login required)
View Item |