Monica, Aulia (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS (Ekperimen pada Peserta Didik kelas VII SMP Islam Terpadu Daarul Falaah Kab. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (51kB) |
|
Text
6.Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (40kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (215kB) |
|
Text
7.Daftar Isi.pdf Download (95kB) |
|
Text
5. BAB 1.pdf Download (102kB) |
|
Text
6. BAB 2.pdf Download (592kB) |
|
Text
7. BAB 3.pdf Download (272kB) |
|
Text
8. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
|
Text
9. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
16.Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) |
Abstract
ABSTRAK Aulia Monica. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menelaah dan Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas (Ekperimen Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Terpadu Daarul Falaah Kab. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Teks yang dikenalkan kepada peserta didik di kelas VII salah satunya yaitu teks surat pribadi dan surat dinas. Teks surat terdapat dalam kompetensi dasar 3.12 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar dan kompetensi dasar 4.12 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas dan menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan dan isi pada peserta didik kelas VII SMP Islam Daarul Falaah Kab. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen sungguhan (true experiment). Selain itu, data yang penulis dapatkan dari hasil pretest dan posttest peserta didik di kelas sampel. Seluruh peserta didik kelas VII SMP Islam Terpadu Daarul Falaah Kab. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 merupakan populasi dari penelitian ini. Selanjutnya, sampel dari penelitian ini yaitu kelas VII A yang menjadi kelas eksperimen dan kelas VII B menjadi kelas kontrol. Hasil pretest pada KD 3.12 di kelas eksperimen mendapatkan rata-rata skor yaitu 30 sedangkan hasil pretest kelas kontrol rata-rata skornya yaitu 34,0. Lalu, hasil posttest kelas eksperimen mendapatkan rata-rata skor 81,2 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata skornya yaitu 70,3. Hasil pretest pada KD 4.12 pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata skor yaitu 64,2 sedangkan kelas kontrol rata-rata skornya yaitu 50,5. Lalu, hasil posttest kelas eksperimen mendapatkan rata-rata skor 82,1 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan rata-rata skor yaitu 69,3. Hasil uji Wilcoxon diperoleh, pada kemampuan menelaah, W hitung = 0 < W 0,01 (30) = 103,3 yang berarti nilai W hitung lebih kecil daripada nilai W tabel. Lalu, pada kemampuan menulis yaitu W hitung = 0 < W 0,01 (30) = 103,3 yang berarti nilai W hitung lebih kecil daripada nilai W tabel. Hasil ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih kecil skornya dibandingkan peserta didik yang mendapatkan pelakuan model pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menelaah dan Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Terpadu Daarul Falaah Kab. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 04:44 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 04:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8149 |
Actions (login required)
View Item |