Ratnasari, Ade Dewi (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPOSISI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (40kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (60kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (52kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (337kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI, TABEL. GRAFIK, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (440kB) |
|
Text
7. bab 1.pdf Download (341kB) |
|
Text
8. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (548kB) |
|
Text
9. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (318kB) |
|
Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) |
|
Text
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
Abstract
ABSTRAK Ade Dewi Ratnasari. 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Eksposisi dan Menyimpulkaan Isi Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Problem Solving (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya peserta didik kelas VIII B SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 belum semua mampu mengidentifikasi informasi teks eksposisi dan menyimpulkan isi teks eksposisi dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Solving meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksposisi dan menyimpulkan isi teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII B SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (a) teknik observasi, (b) teknik tes, (c) teknik wawancara, dan (d) teknik dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII B SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksposisi peserta didik yang sudah mencapai KKM, yaitu 75 sebanyak 16 orang (50%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 16 orang (50%), pada siklus kedua semua peserta didik 32 orang (100%) sudah mencapai KKM. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks eksposisi yang sudah mencapai KKM sebanyak 8 orang (25%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 24 orang (75%), pada siklus kedua semua peserta didik 32 orang (100%) sudah mencapai KKM. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksposisi dan menyimpulkan isi teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII B SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 18:22 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 18:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8144 |
Actions (login required)
View Item |