SARI, APRILIANI PUSPITA (2022) ANALISIS KESALAHAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C ASIH MANUNGGAL KOTA BANDUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
8. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
9. BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
10. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK APRILIANI PUSPITA SARI. 2022. Analisis Kesalahan Belajar Matematika Anak Tunagrahita Di SLB-C Asih Manunggal Kota Bandung. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan anak tunagrahtita dalam menyelesaikan soal matematika dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan anak tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB-C Asih Manunggal Kota Bandung. Subjek penelitian diambil dari anak tunagrahita Sekolah Dasar kemudian diambil 4 subjek penelitian, yaitu anak tunagrahita kategori ringan dan kategori sedang karena atas dasar pertimbangan bahwa anak tunagrahita kategori ringan dan sedang masih bisa diidentifikasi kesalahannya sedangkan anak tunagahita kategori berat sulit diajak berkomunikasi untuk mengumpulkan data penelitian sehingga kesalahannya tidak bisa diidentifikasi. Pengumpulan data terdiri dari tes dan wawancara. Instrumen pendukung yang digunakan adalah soal tes. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian anak tunagrahita melakukan kesalahan yaitu kesalahan faktual melakukan kesalahan tidak menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal, terdapat kesalahan dalam menuliskan apa yang diketahui dalam soal, tidak lengkap dalam menuliskan apa yang diketahui dalam soal, dan tidak lengkap dalam menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal; kesalahan konseptual melakukan kesalahan dalam memahami konsep berhitung, kesalahan dalam menentukan rumus, dan kesalahan tidak dapat menentukan rumus; kesalahan prosedural melakukan kesalahan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika, dan kesalahan tidak menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan anak tunagrahita dalam menyelesaikan soal matematika yaitu kurang teliti dalam mengerjakan soal, kurang berlatih dalam menyelesaikan soal-soal yang berbentuk urain, tidak terbiasa menulis banyak, belum bisa menulis kalimat yang panjang, belum menguasai materi, tidak mengerti maksud dari soal yang diberikan dan kurang perhatian dari orang tua pada saat di rumah. Kata kunci: Kesalahan, Faktor Penyebab Kesalahan, Tunagrahita
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 08:08 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 08:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |