PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE (AS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

WATI, MIRA ROSA SINTIA (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE (AS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (65kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (537kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (824kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MIRA ROSA SINTIA WATI 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline (AS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Media pembelajaran interaktif dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran pada era kemajuan teknologi. Articulate Storyline merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif sebagai pengganti penggunaan media pembelajaran berbasis modul dalam format word. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experiment dengan menggunakan posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA (XI MIPA 1 - XI MIPA 5) SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Sampel diperoleh secara cluster random sampling didapatkan kelas XI MIPA 3 sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 5 sebanyak 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pilihan majemuk sebanyak 30 soal untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independent. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05). Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen 20,80 dan kelas kontrol 15,75 dengan skor rata-rata indikator hasil belajar tertinggi pada indikator C1 dan terendah pada indikator C4. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Kata Kunci: articulate storyline, hasil belajar, media pembelajaran interaktif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Dec 2022 00:51
Last Modified: 30 Dec 2022 00:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7990

Actions (login required)

View Item View Item