AMELIA, MIA (2021) ANALISIS PROSES BERPIKIR METAFORA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (105kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (92kB) |
|
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (135kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (98kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (174kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (363kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (278kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (953kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) |
Abstract
ABSTRAK MIA AMELIA. 2021. Analisis Proses Berpikir Metafora Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir metafora peserta didik pada pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19 dan kesalahan yang dilakukan peserta didik pada proses berpikir metafora dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas IXA SMP Negeri 1 Kawali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes berpikir metafora untuk melihat proses berpikir peserta didik dan wawancara untuk menggali informasi lebih mendalam mengenai kesalahan yang dilakukan peserta didik. Subjek penelitian dipilih berdasarkan pertimbangan yaitu peserta didik yang mengerjakan soal pada semua indikator proses berpikir metafora tanpa dilihat benar atau salahnya jawaban peserta didik, melakukan kesalahan dan bisa berkomunikasi dengan baik. Dipilih 4 peserta didik sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan, S5 mengerjakan soal tanpa melakukan kesalahan. S8 melakukan kesalahan pada indikator analyze: mengupas kembali langkahlangkah yang telah dilakukan sebelumnya. Kesalahan yang dilakukan yaitu kesalahan prosedural. S10 melakukan kesalahan pada indikator relate: menghubungkan ide yang berbeda dengan pengetahuan yang telah dikenali sebelumnya dan indikator explore: membuat model. Kesalahan yang dilakukan yaitu kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. S13 melakukan kesalahan pada indikator relate: menghubungkan ide yang berbeda dengan pengetahuan yang telah dikenali sebelumnya dan indikator explore: membuat model. Kesalahan yang dilakukan yaitu kesalahan teknik dan kesalahan konseptual. Kata kunci: proses berpikir metafora, kesalahan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 02:33 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7972 |
Actions (login required)
View Item |