Sarah Nabilah, Azmi (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN MENGGOSOK GIGI DENGAN TINGKAT KARIES PADA SISWA USIA 9 – 12 TAHUN DI SD NEGERI 2 PAMARICAN (Studi dilakukan di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Pamarican Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER DLL.pdf Download (723kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (610kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (317kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
Abstract
Karies adalah kerusakan jaringan gigi hingga membentuk lubang. Kerusakan ini ditandai/diawali dengan tumbuhnya bercak putih pada permukaan gigi, yang lama kelamaan membentuk lubang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebiasaan menggosok gigi dengan tingkat karies pada siswa usia 9 – 12 tahun di SD Negeri 2 Pamarican. Metode penelitian ini menggunakan cross sectional dengan uji statistik Rank Spearman. Hasil menunjukan 56.5% responden memiliki cara menggosok gigi yang buruk, 73.9% responden menggosok gigi tidak sesuai anjuran, 34.8% responden menderita karies gigi dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara cara menggosok gigi dengan tingkat karies (p = 0.002) dan ada hubungan antara frekuensi menggosok gigi dengan tingkat karies (p = 0.009). oleh karena itu dapat disimpulkan dari kedua variabel yang di teliti masing-masing terdapat hubungan. Kata Kunci : Menggosok gigi, karies Lepustakaan : 2004 - 2018
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 02:29 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 02:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/792 |
Actions (login required)
View Item |