PEER DIRECT FEEDBACK ON ENGLISH ORAL FLUENCY IMPROVEMENT

Rahmania Rizal, Annisa (2019) PEER DIRECT FEEDBACK ON ENGLISH ORAL FLUENCY IMPROVEMENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER - TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (734kB)
[img] Text
CHAPER 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
CHAPER 2.pdf

Download (97kB)
[img] Text
CHAPER 3.pdf

Download (351kB)
[img] Text
CHAPER 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
CHAPER 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
REFERENCES PDF.pdf

Download (184kB)

Abstract

Banyak teknik untuk mencapai kefasihan berbicara bahasa Inggris dengan tujuan untuk menjadi pembicara yang fasih. Salah satu tekniknya adalah berlatih berbicara dengan orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau yang biasa disebut native speakers. Peneliti telah berkomunikasi selama 2 tahun terakhir dengan orang Asia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya. Peneliti menemukan kekuatan dan kelamahan selama praktik berbicara bahasa Inggris sehari-hari, dan dari sana diperoleh kemajuan dalam kelancaran berbicara. Dengan itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peneliti meraih kelacaran berbicara melalui komunikasi dengan lawan bicara teman sebaya. Partisipan yang terlibat yaitu peneliti sendiri dan lawan bicaranya yang berasal dari Singapura. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan membuat jurnal refleksi setelah melakukan pembicaraan di WhatsApp, dan partisipan asal Singapura itu memberi umpan balik terkait penampilan berbicara peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peneliti meraih kemajuan kelancaran berbicara dinilai dari aspek (Fuchs, 2005): 1) ketepatan; 2) alur; 3) intonasi; dan 4) kecepatan. Pada ketepatan dan alur berbicara peneliti meraih kemajuan yang signifikan, dan kemajuan sedang pada intonasi. Kecepatan berbicara berhubungan dengan karakter seseorang untuk itu pada latihan berbicara ini kecepatan berbicara peniliti hanya meraih sedikit kemajuan saja. Kata kunci: Umpan Balik Langsung, Umpan Balik Teman Sebaya, Kelancaran Oral, Narrative Inquiry

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:27
Last Modified: 06 Sep 2019 02:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item