Agustina, Audrya (2021) PERANAN TAN MALAKA DALAM MEMPERJUANGANKAN PENDIDIKAN KERAKYATAN TAHUN 1921-1922 DI SEMARANG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (182kB) |
|
Text
6.ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (169kB) |
|
Text
9.DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
Text
13.BAB I.pdf Download (506kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Download (480kB) |
|
Text
15.BAB III.pdf Download (567kB) |
|
Text
16.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
Text
17.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
19.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
Abstract
ABSTRAK Audrya Agustina. 2021. Peranan Tan Malaka Dalam Memperjuangkan Pendidikan Kerakyatan Tahun 1921-1922 di Semarang. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang Peranan Tan Malaka dalam memperjuangkan pendidikan kerakyatan tahun 1921-1922 di Semarang yang diturunkan kedalam beberapa tujuan penelitian yaitu, pertama untuk menjelaskan profil Tan Malaka sebagai tokoh pejuang; kedua, menjelaskan kondisi pendidikan pada tahun 1921-1922 di Semarang; ketiga, menjelaskan peran Tan Malaka dalam memperjuangkan pendidikan kerakyatan tahun 1921-1922 di Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dengan tahapan heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunjungi beberapa perpustakaa. Teknik analisis data yang dilakukan oleh penulis berupa teknik kepustakaan dengan menganalisis sumber-sumber relevan yang sesuai dengan penelitian, seperti dari buku, karya ilmiah dan dokumen. Hasil dari penelitian ini, Pendidikan kerakyatan yang diusung oleh Tan Malaka pada kenyataanya mampu memberikan pendidikan yang layak bagi rakyat pribumi pada kurun waktu 1921-1922 di Semarang. Melalui sekolah SI Semarang yang ia dirikan, Tan Malaka memberikan sesuatu hal yang baru bagi rakyat pribumi. Dalam mengajarnya Tan Malaka tidak menggunakan roaster atau daftar pengajaran seperti yang diberikan oleh sekolah Belanda, sehingga siswa bisa mengoptimalkan kemampuannya dalam mencari ilmu dimana saja. Tan Malaka selalu menekankan kepada siswanya untuk saling menghargai dan mengasihi terhadap sesama manusia tanpa melihat status sosial dari orang tersebut. Sekolah SI Semarang mampu menyentuh pendidikan rakyat pribumi sampai kepada golongan yang paling rendah, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya siswa dari tahun ke tahunnya. Melalui metode mengajarnya yang baru itulah Tan Malaka mampu mensejahterakan pendidikan rakyat pribumi pada saat itu. Kata Kunci: Peran Tan Malaka, Perjuangan, Pendidikan Kerakyatan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 07:29 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 07:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7909 |
Actions (login required)
View Item |