FUJI HENDRIANI, SANITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN ALAT BANTU MEDIA PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-MIA MA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (95kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (269kB) |
|
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (172kB) |
|
Text
Daftar_Isi-1[1].pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (296kB) |
|
Text
BAB II PEMBAHASAN REVISI.pdf Download (359kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN REVISI.pdf Download (731kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
Abstract
Peenelitian mengenai rendahnya hasil belajar siswa dalam mempelajari materi sehingga membuat peserta didik tidak begitu maksimal dalam mendalami atau menyerap ilmu yang disampaikan pada berlangsungnya proses kegiatan pembelajaran. Tujuan untuk mengetahui manakah yang lebih optimal atau baik dalam perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) dengan Model Pembelajaran Konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian merupakan metode quasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Teknik sampel yang diambil menggunakan samping purposive dari seluruh kelas X MIA yang berjumlah 180 siswa, yang membutuhkan perlakuan yaitu kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa 45 orang untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Think Pair And Share (TPS) sedangkan kelas X MIA 4 dengan jumlah siswa 45 orang untuk kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman peserta didik berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan hasil penelitian, uji hipotesis menggunakan Uji Paired Samples T-Test untuk kelas control dan kelas eksperimen sedangkan untuk N-gain menggunakan Uji Indpendent Samples T-Test adapun hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh p value kelas eksperimen ρ = 0,000. Jadi, Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar siswa yang menggunakan model Think Pair And Share (TPS) sebelum dan setelah perlakuan pada kelas eksperimen untuk hipotesis kedua diperoleh ρ value kelas kontrol ρ = 0,000. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah pelakuan pada kelas kontrol dan hipotesis ketiga diperoleh ρ value kelas n-gain ρ = 0,003. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair And Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional sebelum dan setelah perlakuan pada kelas eksperimen. Kata Kunci : Model, Think Pair And Share , Hasil, Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 06:09 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 06:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/781 |
Actions (login required)
View Item |